KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-AZHAR 12 LAMPUNG SELATAN

MARIA, ULFA (2021) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-AZHAR 12 LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARIA ULFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Guru yang professional adalah guru yang memiliki sejumlah kompetensi yang dapat menunjang tugasnya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus membangkitkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik dan guru melakukan interaksi sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar sekaligus. Penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan bagaimana kompetensi professional guru dalam mengembangkan motivasi belajar anak usia dini kelompok B di TK Al-Azhar 12 Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang didapat dari indikator yang dikaji berdasarkan gabungan dari beberapa teori. Berkenaan dengan kompetensi professional guru yang dimiliki di TK Al- Azhar 12 Lampung Selatan antara lain: 1) guru telah menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu; 2) guru telah menyusun Rencana Pelaksanaan Program Harian (RPPH) yang disesuaikan dengan perkembangan anak usia dini; 3) guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan RPPH; 4) guru mampu mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif ditunjukan dengan cara menggunakan metode dan media yang dapat menarik perhatian anak; 5) guru mampu mengevaluasi pembelajaran dengan baik ditunjukkan dengan adanya guru menggunaklan alat penilaian; 6) guru mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri ditunjukkan dengan cara belajar dari berbagai sumber seperti internet, mengikuti seminar, menggunakan teknologi untuk dapat menginformasikan kepada orang tua peserta didik. Kompetensi professional guru yang dimiliki dapat mengembangkan motivasi belajar peserta didik yaitu melalui pembiasaan, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, menggunakan media yang kreatif tidak hanya memanfaatkan media di sekolah tetapi juga memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari alam ataupun dari barang bekas yang dijadikan bahan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 03:32
Last Modified: 07 May 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item View Item