TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP DAMPAK PEMEKARAN DESA BAGI MASYARAKAT (Studi Di Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan)

M., HUSAINI (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP DAMPAK PEMEKARAN DESA BAGI MASYARAKAT (Studi Di Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan desa dari tahun ke tahun menunjukkan suatu peningkatan sebagai efek dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Tujuan utama pemekaran desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memudahkan pelayanan publik. Desa Malang Sari merupakan salah satu dari beberapa desa yang merupakan desa pemekaran, kemajuan desa tentu tidak lepas dari faktor-faktor pendukung, dalam hal ini adanya peran kepala desa, serta masyarakat yang sangat penting dalam kemajuan suatu desa khususnya Desa Malang Sari. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana dampak positif pemekaran desa bagi masyarakat Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap dampak positif pemekaran desa bagi masyarakat Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak positif pemekaran desa bagi masyarakat Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap dampak positif pemekaran desa bagi masyarakat Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, Interpretasi data dan sistematika data, kemudian data dianalisis dengan kualitatif dengan cara berfikir dedukatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, Dampak positif Pemekaran Desa bagi masyarakat Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan yaitu terjadi peningkatan yang sangat membantu masyarakat dalam kegiatan pengurusan berkas oleh aparatur desa. Kemudian mengenai sarana dan prasarana di Desa Malang Sari telah mengalami peningkatan, seperti perbaikan sarana transportasi yaitu jalan, dan pembangunan-pembangunan lainnya yang terjadi akibat pemekaran desa, hal ini tentu saja tak lepas dari kompetensi pelaksana yang mumpuni dengan rasio yang sesuai karena pembagian kewilayahan desa pasca pemekaran. Kedua, menurut tinjauan fiqh siyasah, dampak positif Pemekaran Desa bagi masyarakat Desa Malang Sari Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan sudah sesuai dengan fiqh siyasah, di mana dalam fiqh siyasah pemerintah mempunyai kewajiban dalam menetapkan kebijakan-kebijakan harus berorientasi pada kemaslahatan masyarakat, dalam hal ini Desa Malang Sari setelah mengalami pemekaran desa menjadi lebih baik dalam pengurusan berkas, sarana dan prasarana, serta pelayanan publik berkat kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 03:32
Last Modified: 07 May 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item View Item