IMPLEMENTASI METODE KAUNY QUANTUM MEMORY (KQM) DALAM MENGAHAFAL AL-QUR’AN SANTRI MAHAD ASKAR KAUNY HANIDAH MARYAM BANDAR LAMPUNG

AHMAD, SUHENDAR (2021) IMPLEMENTASI METODE KAUNY QUANTUM MEMORY (KQM) DALAM MENGAHAFAL AL-QUR’AN SANTRI MAHAD ASKAR KAUNY HANIDAH MARYAM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap ahmad.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE KAUNY QUANTUM MEMORY (KQM) DALAM MENGHAFAL AL-QUR‟AN SANTRI MAHAD ASKAR KAUNY HANIDAH MARYAM BANDAR LAMPUNG OLEH AHMAD SUHENDAR Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian sebuah metode menghafal Al-Qur‟an yang memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri dalam mencetak para penghafal Al-Qur‟an yaitu menghafal ayat Al-Qur‟an beserta artinya dengan menggunakan visualisasi gerakan tangan. Adapun nama dari metodenya adalah metode Kauny Quantum Memory (KQM). Metode tersebutdiciptakan dan dikembangkan oleh pendiri Yayasan Askar Kauny yakni Ustadz Bobby Herwibowo, Lc dan diterapkan di Mahad Askar Kauny Hanidah Maryam Bandar Lampung. Mahad tersebut merupakan salah satau bagian dari program kerja yayasan. Oleh karena itu setiap mahad yang binaan yayasan Askar Kaunyharus menerapkan metode Kauny Quantum Memory (KQM)terhadap para santri dalam proses menghafal Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan menguraikan danmengumpulkan data dengan kata-kata yang bertujuan untuk memudahkan dalam menggambarkan keadaan yang terjadi sehingga mudah untuk dipahami. sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden yaitu pengurus yayasan askar kauny, pengeloloa mahad, dan para santri, sedangkan data sekunder berupa berupa teori-teori yang bersumber dari studi kepustakaan dengan media buku dan media internet yang berisi seputar metode Kauny Quantum Memory (KQM), serta dokumentasi yang peneliti dapatkan di lapangan. iimenunjukan Hasil dari penelitian ini bahwa pengimplementasian metode Kauny Quantum Memory (KQM) dalam menghafal Al-Quran santri Mahad Askar Kauny Hanidah Maryam Bandar Lampung, ternyata dapat memberikan kemudahan dalam proses menghafal Al-Qur‟an sehingga para santri pun selain bisa menghafal ayat Al-Qur‟an, mereka juga dapat mengetahui arti dari ayat yang dibacakan dengan waktu yang bersamaan yakni membaca dan mengartikan memakai gerakan tangan atau gestur tubuh serta perolehan hafalan Al-Qur‟an yang dimilki oleh para santri pun bertambah. Hal tersebut dapat dilihat ketika para santri yang belum memiliki hafalan dan sudah dibekali dengan hafalan 1 hingga 2 juz Al-Qur‟an dan dimasukan kedalam program tahfidz oleh yayasan Askar Kauny, kemudian ditempatkan di Mahad Askar Kauny Hanidah Maryam Bandar Lampung untuk dapat belajar menghafal dan meningkatkan hafalan Al-Qur‟an, ternyata hasil yang di peroleh di Mahad hingga saat ini para santri sudah mampu memperoleh hafalan Al-Qur‟an yang sangat signifikan jumlahnya dan para santri pun tetap betekad serta bersemangat untuk dapat mencapai target hafalan 30 juz dalam Al-Qur‟an. Kata Kunci: Mahad, Menghafal Al-Qur‟an, Metode Kauny Quantum Memory (KQM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2021 03:08
Last Modified: 07 May 2021 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14199

Actions (login required)

View Item View Item