IMPLEMENTASI MUTU PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

MITHA, AMALIA ULLAK PUTRI (2021) IMPLEMENTASI MUTU PEMBELAJARAN DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK BARU MITHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik. Tujuan penelitian yaitu: Diketahui mutu perencanaan pembelajaran di MTs N 2 Bandar Lampung, Diketahui strategi pelaksanaan mutu pembelajaran di MTs N 2 Bandar Lampung dan Diketahui mutu evaluasi pembelajaran di MTs N 2 Bandar Lampung Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Perencanaan pembelajaran yang ada di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sudah terlaksana hal ini dikarenakan perencanan pembelajaran yang di terapkan sudah sesuai dengan indikator dalam teori Rusman yang peneliti gunakan. Adapun yang belum terlaksana adalah masih terdapat tenaga pendidik yang belum menggunakan alat peraga dan media pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan tenaga pendidik melaksanakannya, akan tetapi pada beberapa mata pelajaran menurut hasil observasi yang didapatkan oleh penulis masih ternyata terdapat tenaga pendidik yang belum melaksanakan kegiatan pendahuluan ketika memul ai pembelajaran.Dalam kegiatan inti untuk mata pelajaran AL-Quran Hadist masih belum terlaksana, hal ini di lihat dari hasil wawancara dengan peserta didik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti meyebutkan bahwa ada beberapa sub indikor yang tidak dilaksanakan sehingga hal itu membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif dan efisien. Dalam kegiatan penutup sudah terlaksana. Hal itu dikarenakan dalam kegiatan penutup tenaga pendidik memberikan rangkuman atau kesimpulan Dalam penilaian hasil pembelajaran sudah terlaksana,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2021 05:05
Last Modified: 06 May 2021 05:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14194

Actions (login required)

View Item View Item