PENGARUH PELATIHAN MULTIMEDIA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH HASANUDDIN BANDAR LAMPUNG

Liza, Nurhaliza (2021) PENGARUH PELATIHAN MULTIMEDIA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH HASANUDDIN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Liza Nurhaliza Revisi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Multimedia adalah alat teknologi pendidikan yang merupakan penggabungan dari beberapa media yang dimanfaatkan sebagai alat pendukung dalam proses pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran bisa membantu keterbatasan pendidik dalam mengantarkan informasi ataupun keterbatasan jam belajaran di kelas. Dalam dunia pendidikan, ketika seorang pendidik yang hendak mengajar dan menyampaikan materi kepada peserta didiknya dituntut menggunakan media sebagai alat pembantu untuk menyampaikan materi. Media yang dipergunakan tidak mesti berbentuk media yang mahal, melainkan media yang betul-betul efektif dan efisien dan mampu menjadi alat penghubung antara pendidik dengan peserta didiknya supaya materi yang disampaikan bisa diterima dan dimengerti secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan multimedia terhadap kinerja guru di madrasah aliyah hasanuddin bandar lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menunjukkan hal itu hubungan sebab-akibat. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Hasanuddin Bandar Lampung dengan jumlah populasi 18 orang, dan sampel pada peneilitan ini adalah semua pendidik Madrasah Aliyah Hasanuddin berjumlah 18 orang pendidik. Pengumpulan data peneliti menggunakan angket (kuesioner) dan tes tulis. Instrument yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui pengaruh pelatihan multimedia terhadap kinerja guru dan untuk mengetahui respon pendidik maka menggunakan angket dan tes tulis yang disusun dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik persentase penggunaan deskriptif dan digunakan untuk analisis statistik inferensial menggunakan uji homogenitas, uji linearitas, dan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan multimedia terhadap kinerja guru di madrasah Aliyah hasanuddin bandar lampung. Hal ini dibuktikan dari hasil hipotesis uji z nilai signifikansi post-test sebesar 0.000, itu menunjukkan bahwa nilai sig. 0.000 < 0.05, maka ditolak dan diterima. Dan terdapat pada peningkatan nilai signifikansi gain ternormalisasi sebesar 0.000, menunjukkan bahwa nilai sig. 0.000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Maka dapat diartikan bahwa hipotesis ( ) yaitu tidak terdapat pengaruh pelatihan multimedia terhadap kinerja guru di madrasah aliyah hasanuddin bandar lampung secara signifikan ditolak, dan hipotesis alternatife ( ) yaitu terdapat pengaruh pelatihan multimedia terhadap kinerja guru di madrasah Aliyah hasanddin bandar lampung diterima. Hal ini terlihat dari hasil penelitian ini bahwa semakin baik penggunaan multimedia maka semakin baik pula kinerja guru dalam belajar mengajar. Kata kunci : Kinerja Guru, Pelatihan Multimedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2021 05:00
Last Modified: 06 May 2021 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14193

Actions (login required)

View Item View Item