MANAJEMEN PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN DIPONDOK PESANTREN SUNNANUL HUDA NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

NOVA, YULINDA (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN DIPONDOK PESANTREN SUNNANUL HUDA NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi NOVA YULINDA 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN DI PONDOK PESANTREN SUNNANUL HUDA NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Oleh: NOVA YULINDA Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Manajemen Pengembangan Kelembagaan di Pondok Pesantren Sunnanul Huda Natar Kabupaten Lampung Selatan yang berlandaskan pada fungsi-fungsi manajemen mulai dari Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuating), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini adalah penelitian manajemen pendidikan islam dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan dan memfokuskan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh langsung dari responden mengenai manajemen pengembangan kelembagaan di Pondok Pesantren Sunnanul Huda Natar Kabupaten Lampung Selatan, sedangkan data skunder berupa data-data profil pondok pesantren, data santri dan tenaga pendidik serta data pendukung lainnya yang bersangkutan dengan pondok pesantren diperoleh dari pihak Pondok Pesantren Sunnanul Huda Natar Kabuoaten Lampung Selatan dan terori-teori serta data pendukung teori lainnya diperoleh dari kepustakaan. Dokumentasi diperoleh dari kegiatan yang ada di pondok pesantren secara langsung maupun file yang sudah ada dan disimpan di pondok pesantren yang menggambarkan keadaan, suasana dan kebenaran fakta yang ada di lapangan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Manajemen Pengembangan Kelembagaan di Pondok Pesantren Sunnanul Huda Natar Kabupaten Lampung Selatan dengan berlandaskan pada fungsi-fungsi manajemen seperti Perencanaan (Planning), iii Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuating), dan Evalusasi (Evaluation) sudah berjalan dengan baik dan optimal karena dibuktikan dengan adanya pengembangan yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren selama kurang lebih dalam waktu 10 tahun, seperti telah berhasilnya mendirikan lembaga pendidikan formal yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Pendirian Yayasan sebagai payung hukum serta dibukanya Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), Wajardikdas, Pendidikan Kesetaraan (Paket A, B, C) dan Program Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sunnanul Huda. Semua pengembangan dilakukan untuk merespon perkembangan zaman yang semakin pesat dan merespon tuntutan wali santri dan para alumni agar mampu berkembang secara unggul dan mampu bersaing di dunia luar tanpa harus menghilangkan nilai-nilai kesalafiyahannya. Kata Kunci : Evaluasi (Evaluation), Kelembagaan, Manajemen, Pelaksanaan (Actuating), Pengembangan, Pengorganisaian (Organizing), Perencanaan (Actuating).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2021 03:55
Last Modified: 06 May 2021 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item