PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII DI MTS HIDAYATUL KHAIR PEKURUN UDIK KOTABUMI LAMPUNG UTARA

SITI, NURJANAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VIII DI MTS HIDAYATUL KHAIR PEKURUN UDIK KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FUUL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah, salah satunya berkaitan dengan hasil belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah perbedaan kemampuan dalam memahami pelajaran dan kurang kreatifitasnya guru dalam menyampaikan pelajaran. Masalah ditemukan di MTs Hidayatul Khair Pekurun Udik Kotabumi Lampung Utara bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah terutama pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas VIII karena pendidik masih menggunakan model pembelajaran Konvensional yang berpusat pada pendidik. Model Pembelajaran yang dapat dijadikan solusi untuk masalah tersebut adalah Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas VIII di MTs Hidayatul Khair Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Hidayatul Khair yang berjumlah 62 orang sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VIII B sebagai kelas Eksperimen dan VIII C sebagai kelas Kontrol.Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah = 2.871 > = 0,007 dengan demikian ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Inetraction (ATI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an hadis kelas VIII di MTs Hidayatul Khair Pekurun Udik Kotabumi Lampung utara. Kata Kunci : Aptitude Treatment Interaction, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2021 03:39
Last Modified: 06 May 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item