PERSEPSI MASYARAKAT SEMENDE TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI DESA TULUNG BALAK KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Ahmad, Alfiqi Parizki (2021) PERSEPSI MASYARAKAT SEMENDE TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI DESA TULUNG BALAK KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan dalam Islam merupakan bagian dari kegiatan dakwah. Pendidikan Islam memberikan suatu model pembentukan kepribadian seseorang, keluarga dan masyarakat. Sasaran yang hendak dicapai ialah terbentuknya akhlak yang mulia, serta mempunyai ilmu yang tinggi dan taat beribadah. Tetapi pada kenyataannya, Pendidikan Islam di Desa Tulung Balak Kecamatan Tanjung Raja sudah mengalami suatu pergeseran sebagai akibat dari perkembangan zaman yang terjadi di dalam masyarakat. Banyaknya anak-anak usia sekolah yang akhlaknya rusak akibat pergaulan dan perkembangan zaman, namun masyarakat (orang tua) banyak yang tidak memperdulikannya, terlebih bisa dikatakan itu sudah biasa. Dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan yaitu Bagaimanakah persepsi masyarakat Semende terhadap Pendidikan Islam di Desa Tulung Balak Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara? Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana persepsi masyarakat Semende terhadap Pendidikan Islam di Desa Tulung Balak Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), penelitian lapangan ini pada hakekatnya merupakan metode untuk menemukan secara spesifik dan realis tentang apa yang sedang terjadi pada suatu saat di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Dalam hal ini akan langsung mengamati masyarakat di Desa Tulung Balak Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. sebagai data primer. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tentang Persepsi tokoh masyarakat Semende terhadap pendidikan Islam di desa Tulung Balak Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara bahwa pendidikan Islam sangat penting khususnya bagi anak�anak, sebagai generasi penerus masa depan, agar pondasi anak-anak tersebut menjadi kuat dalam hal iman, dan ikhsan, dan juga sangat penting bagi seluruh masyarakat di desa Tulung Balak Kecamatan Tanjung Raja untuk kehidupan sehari-hari agar bisa selalu menerapkan pada diri sendiri moral yang baik dan memiliki akhlak yang baik juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2021 03:18
Last Modified: 06 May 2021 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14181

Actions (login required)

View Item View Item