MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA TANJUNG KARANG

AYU, NOVITA MASRUL PASARIBU (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA TANJUNG KARANG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam menerapkan pendidikan karakter, Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama menjadikan visi dan misi sebagai pedoman. Hal ini terjadi karena, visi dan misi madrasah ini sudah mencakup dari keseluruhan karakter, baik karakter yang dianjurkan dalam agama maupun karakter yang di anjurkan oleh pemerintah. Tetapi, pada kenyataannya pendidikan karakter yang ada belum sepenuhnya mencerminkan visi dan misi di madrasah tersebut. Akibatnya, proses penerapan pendidikan karakter menjadi terhambat. Maka dalam membangun karakter di madrasah kunci utama yang harus dilakukan adalah menggunakan manajemen pendidikan karakter yang baik. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter siswa di salah satu sekolah menengah atas yaitu Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Tanjung Karang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Bagaimana manajemen pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Tanjung Karang? Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori dari Agus Wibowo, Doni Koesoema, Thomas Lickona, Mulyasa dan Novan Ardy Wiyani, Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana penulis melakukan penelitian secara langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan data. Penelitian yang dilaksanakan di lapangan adalah meneliti masalah yang sifatnya kualitatif. Selain itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam skripsi ini ada dua yaitu: data primer dan data sekunder. Adapun sumber data tersebut adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Sarana Prasarana, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Guru Bahasa Arab, Guru Matematika, dan untuk penambahan data pada analisis data dilakukan pula wawancara dengan seluruh guru Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama berjumlah 6 guru. Selanjutnya, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. iv Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pertama, dalam mengelola perencanaan pendidikan karakter melalui pengembangan kurikulum. Artinya, perencanaan pendidikan karakter dalam membentuk karakter peserta didik, fokus terhadap pengembangan kurikulum yang diawali dengan menyusun program kegiatan, dan pengintegrasian. Kedua, pengorganisasian di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Tanjung Karang dilakukan dengan mengadakan rapat setiap awal tahun, dimana dalam rapat tersebut dibahas mengenai pembagian tugas guru pada pembelajaran dan pembagian guru pembina pada kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga, Pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Nadlatul Ulama Tanjung Karang mengikuti 18 indikator yang dikembangkan dalam kurikulum pembelajaran. Dalam melaksanakan nilai-nilai karakter tersebut digunakan empat strategi yaitu mengintegrasikan pendidikan karakter pada semua mata pelajaran, mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam kegiatan yang telah diprogramkan, dan membangun komunikasi kerjasama antar sekolah dengan orang tua peserta didik. Keempat, Pengevaluasian dilakukan melalui 5 tahapan yaitu mengembangkan indikator dari nilai yang sudah disepakati, menyusun instrument penilaian dengan melakukan pengamatan, melakukan pencatatan terhadap pencapaian indikator, melakukan analisis dan evaluasi dalam bentuk perhatian dan pengawasan, serta melakukan tindak lanjut berupa penskoran bagi peserta didik yang sudah tidak dapat diatasi dengan cara perhatian dan peringatan. Kata Kunci : Manajemen Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 May 2021 04:38
Last Modified: 05 May 2021 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item