AGUS, HADI MAHMUD (2021) PERAN GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM PEMBINAAN IBADAH SHOLAT PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (9MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Guru adalah pendidik profesional memiliki peran, fungsi dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembelajaran. Guru pendidikan agama Islam mengemban misi suci, memantapkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan agama Islam. Peran guru fiqih dalam pembinaan ibadah shalat akan menghasilkan pemahaman, penguasaan serta dorongan kepada peserta didik untuk mempraktekkan secara rutin ibadah shalat dilingkungan sekolah. Pemahaman yang dicapai peserta didik yang komprehensif yang meliputi semua aspek, maka dalam pembiasaan ibadah shalat ini yang diharapkan adalah pemahaman tentang kewajiban melaksanakan, tata cara gerakan maupun ucapan, penjiwaan serta efek positif dalam jiwa peserta didik. Upaya penyampaian materi ibadah shalat yang diterapkan oleh guru fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandar Lampung telah maksimal. Berdasarkan hasil observasi dan interview pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negei 1 Bandar Lampung, pelaksanaan ibadah shalat peserta didik sebagian besar masih kurang baik. Oleh karena itu penulis ingin melihat peran guru mata pelajaran fiqih dalam pembiaan ibadah shalat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Pembinaan Ibadah Sholat Peserta Didik di MTsN 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Analisa data yang dilakukan Diperoleh Kesimpulan Akhir Bahwa : Upaya yang dilakukan guru mata pelajaran Fiqih dalam Pembinaan ibadah Sholat siswa, yaitu: a. Memberikan bimbingan kepada siswa, b. Melakukan absensi untuk shalat berjama’ah ,c. Melaksanaakan Ibadah Sholat Dhuha dan Sholat Dzuhur Berjamaa’h Setiap hari Kecuali Jum’at dan asar berjama’ah Setiap hari Untuk Kelas Unggulan dan Asrama. Faktor pendukung dalam pembinaan Ibadah Sholat siswa yaitu: a. Fasilitas b. Pendidik, c. Sarana Prasarana; dan d. Sebagian Peserta didik mudah dinasehati Faktor penghambat dalam pembinaan ibadah sholat siswa yaitu: a. Peserta didik masih sulit dinasehati, b.Kurangnya dukungan dari orangtua Kata Kunci : Peran Guru, Fiqih, Pembinaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 May 2021 04:15 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:15 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14176 |
Actions (login required)
View Item |