MANAJEMEN EVALUASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN SEKNCAU LAMPUNG BARAT

Ade, Rahmad Kurniawan (2021) MANAJEMEN EVALUASI KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN SEKNCAU LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) Manajemen kurikulum merupakan suatu kegiatan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen Evaluasi Kurikulum2013 di Madrasah Aliyah Nurul Iman Sekincau lampung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif, yang menekankan pada kualitas atau mutu suatu penelitian, yang mengacu pada teori. Desain penelitian bersifat deskriftif kualitatif maka fokus penelitian bertujuan pada manajemen Evaluasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Nurul Iman Sekincau Lampung Barat, dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian tentang Manajemen Evaluasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Nurul Iman Mengenai Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evalauasi CIPP (Context, input, Proses dan pRoduct) sebagai Berikut: 1.) Perencanaan Manajemen Evaluasi Kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik seperti pembuatan bahan materi yang akan diajarkan kepada peserta didik, Dalam melakukan perencanaan kebutuhan media belajar, kepala Madrasah juga menerima masukan dan usulan dari para dewan guru, staf komite yang dilakukan dalam rapat untuk tahun ajaran baru. 2.) Pelaksanaan Manajemen Evaluasi Kurikulum 2013 di lakukan dengan cara penelitian terlebih dahulu mengenai kebutuhan yang diperlukan sekolah seperti sarana dan prasarana dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode diskusi yang dilakukan oleh peserta didik yang di pandu oleh guru bidang studinya masing-masin. 3.) Evaluasi model CIPP ( Context, Input, Proses, Product) meliputi sebagai berikut: (1) Konteks, yang terjadi pada saat penelitian di Madrasah aliyah nurul iman sekincau lampung barat Kekura ngan Sarana dan prasarana. (2) Input, Menjawab bagaimana keefektifan peserta didik dalam proses pembelajaran di dalam kelas menggunakan kurikulum 2013, seprti diskusi dan belajar kelompok. (3) Proses, dilakukan penelitian terlebih dahulu mengenai pembelajaran di dalam kelas untuk kebehasilan pada saat melakukan diskusi atau belajar kelompok. (4) Product, Evaluasi produk berpfokus padaa pengumpulan data untuk menentukan apakah kurikulum yang dilaksanakan menghasilkan pembelajaran siswa sesuai desain kurikulum. Kata Kunci : Manajemen, Evaluasi CIPP, Kurikulum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 May 2021 04:08
Last Modified: 05 May 2021 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item View Item