INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN ROUDHOTUS SIBYAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Indah, Annisa Safitri (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN ROUDHOTUS SIBYAN KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1.2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIX CETAK INDAH ANNISA SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya pemahaman pengetahuan keagamaan, kurangnya sikap untuk melaksanakan nilai- nilai agama Islam pada anak asuh dan kenakalan remaja yang sering kali terjadi pada anak-anak. Agama ialah pendidikan yang memperbaiki sikap dan perilaku. Panti Asuhan merupakan tempat atau rumah untuk memelihara, dan merawat anak yatim, yatim piatu dan lain sebagainya. Tujuan didirikan Panti Asuhan ialah agar anak mampu melaksanakan perintah agama. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait internalisasi nilai-nilai agama Islam di Panti Asuhan Roudhotus Sibyan Kota Bandar Lampung. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan bagaimana proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dan apa saja faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai agama Islam di Panti Asuhan Roudhotus Sibyan Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil latar belakang Panti Asuhan Roudhotus Sibyan Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisa data dengan cara mereduksi data, men-display data dan conclusion atau menarik kesimpulan. Sedangkan, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai agama Islam di Panti Asuhan Roudhotus Sibyan Kota Bandar Lampung adalah sebagai berikut: 1) proses internalisasi nilai-nilai agama Islam dilakukan melalui tahapan transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai melalui penyelenggaraan kegiatan- kegiatan keagamaan kepada para anak asuh seperti mengaji, bahasa arab, hapalan doa-doa harian, hapalan juz 30, kajian fiqh, hadroh, shalawat, shalat berjamaah, gotong royong, berdzikir dan menjaga kebersihan lingkungan. Faktor pendukung nilai agama Islam di Panti Asuhan tersebut adalah sebagai berikut: 1) kemudahan anak asuh dalam mendapatkan fasilitas pendidikan, 2) lingkungan yang kondusif, 3) kemampuan guru, 4) kemampuan anak asuh, 5) sarana dan prasarana. Sedangkan, faktor penghambat internalisasi nilai agama Islam di Panti Asuhan tersebut adalah sebagai berikut: 1) keterbatasan guru, 2) kemampuan dan jiwa psikologis anak asuh yang beragam. Kata kunci : Internalisasi, Nilai-nilai agama Islam, Panti Asuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 May 2021 03:50
Last Modified: 05 May 2021 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14173

Actions (login required)

View Item View Item