PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELAS V MI BUSTANUL ULUM SIDOREJO LAMPUNG TIMUR

Panca, Dwi Savitri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELAS V MI BUSTANUL ULUM SIDOREJO LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Panca Dwi Savitri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas V MI Bustanul Ulum yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Bustanul Ulum Sidorejo. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah intrumen tes berupa 20 soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur keterampilan menyimak peserta didik. Uji hipotesis pada penelitian menggunakan uji Independent Sample T-test yang dugunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script. Berdasarkan data yang telah dianalisis, menunjukkan hasil uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script terhadap keterampilan menyimak peserta didik kelas V di MI Bustanul Ulum Sidorejo Lampung Timur. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Keterampilan Menyimak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 May 2021 02:49
Last Modified: 05 May 2021 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14167

Actions (login required)

View Item View Item