PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH DELIMA (Punica granatum L.) TERHADAP KETURUNAN MENCIT (Mus musculus) YANG DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK

Azwar, Hakim (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH DELIMA (Punica granatum L.) TERHADAP KETURUNAN MENCIT (Mus musculus) YANG DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2 , DAPUS AZWAR HAKIM.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AZWAR HAKIM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTARK Indonesia menempati peringkat pertama di Asia Tenggara dalam hal prevalensi perokok dewasa perhari. Menurut data Global Adult Tobacco Survey (GATS) tahun 2011, sebanyak 67% laki-laki dewasa dan 2,7% wanita dewasa atau sekitar 59,9 juta orang dewasa keseluruhan di Indonesia adalah perokok. Merokok merupakan salah satu gaya hidup yang mengakibatkan dampak buruk pada fertilitas pria. Pria yang merokok meningkatkan resiko 2 kali lipat terjadinya infertilitas dibandingkan dengan pria yang tidak merokok, Infertilitas merupakan salah satu permasalahan global yang mempengaruhi lebih dari 80 juta orang di dunia. Infertilitas pada pria disebabkan oleh rendahnya mortilitas sperma, jumlah sperma, kelainan morfologi sperma. Penelitian tentang pengaruh pemberian ekstrak buah delima terhadap keturunan mencit yang diberi paparan asap rokok ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ekstrak buah delima terhadap mencit, kandungan flavonoid pada buah delima yaitu ellagic acid memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat mengurahi efek berbahaya yang ditimbulkan oleh paparan asap rokok, dengan mekanisme mendonorkan ion hidrogen sehingga dapat mentralisir efek toksik dari radikan bebas. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan jumlah mencit yang digunakan sejumlah 50 ekor, dengan 4 perlakuan dosis P0 (control) = normal, P1 = 1 batang rokok/hari +0 mg/kgBB, P2 = 1 batang rokok/hari + 300 mg/kgBB, dan P3 = 1 batang rokok/hari + 600 mg/kgBB dan P4 = 1 batang rokok/hari + 1200 mg/kgBB. Adapun parameter yang diuji pada penelitian ini adalah morfologi, panjang anakan, berat badan anakan, jumlah anakan yang hidup dan jumlah anakan yang mati. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji One Way ANOVA (anlysis of variant). Hasil penelitian menunjukkan antar perlakuan adanya perbedaan signifikan dan ada yang tidak berbeda signifikan pada beberapa perlakuan. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh pemberian ekstrak buah delima (Punica granatum L.) terhadap keturunan mencit (Mus musculus) yang diberi paparan asap rokok. Semakin tinggi dosis ekstrak buah delima (Punica granatum L.) yang digunakan akan meningkatkan kualitas jumlah dan morfologi keturunan mencit yang dilahirkan. Kata kunci: Asap rokok, Mencit, Buah delima (Punica granatum L.)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 07:08
Last Modified: 04 May 2021 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14159

Actions (login required)

View Item View Item