LUDUJ NAMALAH STRATEGI MENUMBUHKAN SIKAP ENTREPRENEURSHIP DI SMK MUHAMMADIYAH ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA

Chaca, Febri Ristiana (2021) LUDUJ NAMALAH STRATEGI MENUMBUHKAN SIKAP ENTREPRENEURSHIP DI SMK MUHAMMADIYAH ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi CHACA FEBRI RISTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Strategi Menumbuhkan Sikap Entrepreneurship di SMK Muhammadiyah Abung Semuli. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh pendidik dalam menumbuhkan sikap entrepreneurship yang ada di SMK Muhammadiyah Abung Semuli Lampung Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah penanggung jawab kewirausahaan, guru kewirausahaan dan waka kesiswaan dengan objek penelitian yaitu strategi menumbuhkan sikap entrepreneurship di SMK Muhammadiyah Abung Semuli. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penulis melakukan penelitian di SMK Muhammadiyah Abung Semuli yang terletak di Jalan Belibis Transkim AU PAMA, Desa Semuli Jaya, Kecamatan Abung Semuli, Kabupaten Lampung Utara. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu waka kesiswaan, guru kewirausahaan dan penanggung jawab kewirausahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi menumbuhkan sikap entrepreneurship di SMK Muhammadiyah Abung Semuli telah berjalan . Pihak sekolah menyediakan dana bagi peserta didik yang ingin membuka usaha sendiri dengan prosedur yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Dana tersebut dipinjamkan kepada peserta didik dan dikembalikan dalam jangka waktu 10 bulan dan tanpa ada bunga. Kegiatan ini telah terlaksana dengan baik, contohnya ada peserta didik yang membuka warung sempol ayam, warung bakso, steam motor, dll, hal ini dibuktikan dengan telah terciptanya 14 kegiatan usaha yang telah terealisasi dan saat ini sedang dijalankan oleh peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan 4 indikator yang telah dijalankan dengan baik yaitu 1) Mengajarkan teori kewirausahaan kepada peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan dilaksanakannya teori pembelajaran dengan 25% teori dan 75% praktik, setiap teori yang diajarkan akan langsung dipraktikkan agar peserta didik mampu memahami dan diharapkan mampu mengimplementasikan di lingkungan sekitar. 2) Melatih kreativitas peserta didik, hal ini dilakukan dengan cara mengajarkan peserta didik proses dari awal membatik hingga menjahit kain dasar batik menjadi pakaian. Selain itu peserta didik juga diajarkan untuk meembuat keset dan masker dari perca kemudian diperjual belikan. 3) Menumbuhkan sikap kewirausahaan kepada peserta didik, 4) Menciptakan kreasi dan inovasi, yaitu dengan menggunakan sosial media seperti youtube yang kemudian dikembangkan oleh pendidik dan langsung diajarkan kepada peserta didik. Dengan demikian strategi menumbuhkan sikap entrepreneurship telah berjalan sangan baik sehingga dapat membantu peserta didik langsung terjun ke dunia kerja atau bahkan langsung membuka lapangan pekerjaan ketika sudah lulus. Kata Kunci: Strategi, Sikap Entrepreneurship

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 07:05
Last Modified: 04 May 2021 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item