IMPLEMENTASI SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL IMAN SIRNA GALIH ULU BELU TANGGAMUS

KRISDAYANTI, Warli (2021) IMPLEMENTASI SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL IMAN SIRNA GALIH ULU BELU TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI KRISDAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Motorik kasar merupakan gerak motorik yang melibatkan otot besar dalam tubuh.Perkembangan motorik kasar dapat dirangsang melalui proses pembelajaran pendidikan jasmani dengan model-model permainan gerak. Gerakan motorik kasar melibatkan aktivitas otot- otot besar seperti otot tangan, otot kaki dan seluruh tubuh anak. Firsty menyatakan kegiatan pengembangan motorik kasar yang dapat dikembangkan pada seorang anak sejak dini yaitu kegiatan memutar badan dengan benar, ancang-ancang sebelum berlari dan melompat, membungkukan pinggul, lutut dan pergelangan kaki terintegrasi dalam semua kegiatan pengembangan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain, Salah satu kegiatan bermain aktivitas jasmani dalam mengembangkan fisik motorik kasarnya adalah senam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui senam irama di TK Nurul Iman Sirna Galih Ulu Belu Tanggamus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian tanpa menggunakan angka statistik tetapi dengan pemaparan secara deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data dan kesimpulan. dilakukan di TK Nurul Iman Sirna Galih Ulu Belu Tanggamus, kelompok B2 yang berjumlah 20 peserta didik, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar dapat berkembang lebih baik dengan senam irama. Mengembangkan motorik kasar melalui senam irama di TK Nurul Iman Sirna Galih Ulu Belu Tanggamus diperlukan langkah-langkah yaitu guru menyiapkan musik, guru mengatur barisan anak, guru memberikan pengarahan tentang senam, guru memberikan contoh gerakan, terakhir senam dimulai. Proses guru dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui senam irama di TK Nurul Iman Sirna Galih Ulu Belu Tanggamus telah berkembang dengan baik dari sebelumnya. Motorik kasar anak lebih berkembang jika anak melakukan senam irama, anak lebih antusias untuk melakukan gerakan fisik. Kata Kunci: Senam Irama, Motorik Kasariii ABSTRACT Gross motor skills are motor movements that involve large muscles in the body. Gross motor development can be stimulated through the physical education learning process with motion game models. Gross motor movements involve the activity of large muscles such as hand muscles, leg muscles and the whole body of the child. Firsty stated that gross motoric development activities that can be developed in a child from an early age are rotating the body properly, stepping around before running and jumping, bending the hips, knees and ankles integrated in all gross motoric development activities of children through play activities. the activity of playing physical activities in developing the gross motoric physical is gymnastics. This study aims to determine how to develop gross motor skills of children aged 5-6 years through rhythmic exercises at Nurul Iman Sirna Kindergarten Galih Ulu Belu Tanggamus. This research uses a qualitative approach research method, namely a research approach without using statistical numbers but with descriptive exposure. Data were collected through observation, interviews and documentation. Data were analyzed qualitatively by using data reduction, data display and conclusions. conducted at Tk Nurul Iman Sirna Galih Ulu Belu Tanggamus, group B2 totaling 20 students, consisting of 9 boys and 11 girls. The results showed that gross motor development could develop better with rhythmic gymnastics. Developing gross motoric skills through rhythmic exercises at Tk Nurul Iman Sirna Galih Ulu Belu Tanggamus requires steps, namely the teacher prepares music, the teacher arranges the children's lines, the teacher provides directions on gymnastics, the teacher provides examples of movements, finally the gymnastics begins. The teacher's process in developing gross motoric skills of children aged 5-6 years through rhythmic gymnastics at Tk Nurul Iman Sirna Galih Ulu Belu Tanggamus has developed well than before. Gross motor skills of children are more developed if children do rhythmic exercises, children are more enthusiastic about doing physical movements. Keywords: Gross Motoric, Rhythmic Gymnastics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 06:38
Last Modified: 04 May 2021 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item