PENGARUH PERFORMANCEASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG PADA PRAKTIKUM MENGAMATI PREPARAT JADI DENGAN MENGGUNAKAN MIKROSKOP

Nizron, N (2017) PENGARUH PERFORMANCEASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG PADA PRAKTIKUM MENGAMATI PREPARAT JADI DENGAN MENGGUNAKAN MIKROSKOP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Nizron.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penilaian (Assessment) adalah penerapan berbagai cara dan menggunakan berbagai alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang seberapa jauh hasil belajar peserta didik.Performance Assessment adalah penilaian berdasarkan hasil pengamatan penilai terhadap aktivitas siswa sebagaimana yang terjadi. Penilaian dilakukan terhadap unjuk kerja, tingkah laku, atau interaksi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perfromance assessment terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung pada praktikum mengamati preparat jadi dengan menggunakan mikroskop Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian The Matching Only and Pretest-Postest Control Group Desaign. Penulis melakukan penelitian di SMP Negeri 19 Bandar Lampung terutama pada peserta didik kelas VII semester genap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII J yang menerapkan perpormance assessment,dan kelas VII C menerapkan paper and pancil. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah Paired Sample T-tes. Hasil Penelitian, paper and pancil terhadap hasil belajar pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53 dan nilai rata-rata postest sebesar 80, sedangkan performance assessment terhadap hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58, dan nilai rata-rata postest sebesar 80,76 Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah 57 dan rata-rata nilai posttest adalah 84 Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest 54 dan nilai posttest 76. Hasil uji t menunjukkan thitung>ttabel (11,307>2,0369) hal tersebut menunjukkan bahwa Ho di tolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa performance assessment berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Sep 2017 01:41
Last Modified: 25 Sep 2017 01:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1415

Actions (login required)

View Item View Item