TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DAMPAK SOSIAL DARI OBJEK WISATA DI KABUPATEN WAY KANAN (Studi Kasus Di Wisata Putri Malu Dan Curup Gangsa)

MISRA, AINI (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DAMPAK SOSIAL DARI OBJEK WISATA DI KABUPATEN WAY KANAN (Studi Kasus Di Wisata Putri Malu Dan Curup Gangsa). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (937kB)

Abstract

ABSTRAK Potensi obyek wisata yang terdapat di Kabapaten Way Kanan sangat beragam, baik wisata alam maupun budaya-budaya. Kabupaten Way Kanan memiliki banyak potensi obyek wisata alam baik obyek wisata alam air terjun, sungai, maupun air panas. Selain obyek wisata alam terdapat juga obyek wisata tirta buatan, kesehatan, argowisata. Seharusnya Pariwisata mempunyai peranan positif, dengan meningkatkan kegiatan ekonomi dan seni budaya serta meningkatkan taraf hidup masyarakat, selain itu juga dapat meningkatkan rangsangan yang berupa pemeliharaan terhadap peninggalan sejarah, hutan suaka dan lain sebagainya. Tempat pengelolaan objek wisata di curup putri malu maupun curup gangsa belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari kurangnya sarana dan prasarana yang memadai dikarenakan masih kurangnya dukungan penuh dari pemerintah setempat, sementara tempat wisata bisa menjadi lebih bagus bila dirawat dan dikelola dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana dampak sosial dari keberadaan objek wisata Putri Malu dan Curup Gangsa bagi masyarakat di Kabupaten Way Kanan dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap dampak sosial dari keberadaan objek wisata Putri Malu Dan Curup Gangsa bagi masyarakat di Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sosial dari keberadaan objek wisata Putri Malu dan Curup Gangsa bagi masyarakat di Kabupaten Way Kanan dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap dampak sosial dari keberadaan objek wisata Putri Malu Dan Curup Gangsa bagi masyarakat di Kabupaten Way Kanan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, coding dan sistematika data, kemudian data dianalisis yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, dampak sosial dari keberadaan objek wisata Putri Malu dan Curup Gangsa bagi masyarakat di Kabupaten Way Kanan yaitu berubahnya pola kebiasaan masyarakat yang cenderung tertutup menjadi lebih sering berinteraksi serta terjadinya perubahan nilai sosial yang dirasakan masyarakat disebabkan banyaknya nilai sosial budaya yang dibawa oleh berbagai pengunjung. Kedua, Objek wisata di kabupaten Way Kanan baik Air Terjun Puteri Malu maupaun Air Terjun Curup Gangsa dalam pandangan Islam adalah positif, karena dijalankan dengan cara yang baik untuk mencapai tujuan yang baik juga. Pengembangan pariwisata yang dilakukan objek wisata di kabupaten Way Kanan baik Air Terjun Puteri Malu maupaun Air Terjun Curup Gangsa dapat dikatakan pengembangan yang berencana dan menyeluruh, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat baik dari segi ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 03:12
Last Modified: 04 May 2021 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item