PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CERITA BERGAMBAR MENGGUNAKAN HOTS TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III SD/MI

ICHA, AYU ASTUTI (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CERITA BERGAMBAR MENGGUNAKAN HOTS TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ICHA AYU ASTUTI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan bahan ajar berupa lembar kerja jenis handoutberisi panduan petunjuk dan langkah-langkah yang berisi soal-soal atau pertanyaan-pertanyaan dari pendidik ntuk mengerjakan soal secara terarah sehingga membuat proses pembelajaran lebih efektif dan efesien. Cerita bergambar adalah cerita tertulis dilengkapi dengan gambar yang merupakan kesatuan dari cerita untuk menyampaikan fakta atau gagasan tertentu.sedangkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berfikir tingkat tinggi adalah proses berfikir yang mengharuskan peserta didik untuk memanipulasi informasi yang ada dan ide-ide dengan cara tertentu yang memberikan mereka pengertian dan implikasi baru. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa LKPD berbasis cerita bergambar menggunakan HOTS tema perkembangan teknologi, mengetahui hasil validasi ahli dan praktsi terhadap kelayakan LKPD, dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap LKPD berbasis cerita bergambar menggunakan HOTS tema perkembangan teknologi kelas III SD/MI. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R & D), ada 7 tahapan dalam penelitian ini, yaitu: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk dan revisi produk. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar LKPD berbasis cerita bergambar degan menggunakan HOTS tema perkembangan teknologi. Bahan ajar LKPD memperoleh presentase kelayakan dari ahli bahasa pertama 84% dengan kretaria sangat layak dan ahli bahasa kedua 80% dengan kretaria layak, hasil telaah oleh ahli materi pertama 88% dengan kretaria sangat layak dan ahli materi kedua 86% sangat layak. Dan dari ahli media pertama memperoleh presentase 78% dengan krataria layak dan ahli media kedua76% dengan kretaria layak. Validasi ahli praktisi pertama memperoleh presentase 86% dengan krataria sangat layak dan ahli praktisi kedua memperoleh presentase 85% dengan kretaria sangat layak. Respon peserta didik dari uji coba skala besar memperoleh presentase 87,2% dengan kretaria sangat layak dan uji coba skala kecil memperoleh presentase 99,4% dengan kratria sangat layak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis cerita bergambar menggunkan HOTS tema perkembangan teknologi kelas III SD/MI sangat layak digunkan sebagai bahan ajar dan pembelajaran. Kata Kunci: LKPD, Cerita Bergambar dan HOTS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2021 03:06
Last Modified: 04 May 2021 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item