HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V MIN 4 BANDAR LAMPUNG

Joulanda, Mustika Dewi (2021) HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Joulanda Mustika Dewi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri merupakan bagian dari perkembangan seseorang sebagai penentu dalam bersikap, bertingkah laku bahkan sebagai penentu seseorang dalam aktivitas belajarnya. Percaya diri menjadi salah satu faktor keberhasilan siswa dalam meraih hasil belajar yang baik. Materi dalam mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Sehingga hal tersebut akan mendorong siswa untuk dapat berinteraksi terhadap lingkungannya. Namun hal ini tidak sejalan dengan siswa kelas V MIN 4 Bandar Lampung dimana beberapa siswa kelas V MIN 4 Bandar Lampung mempunyai rasa percaya diri dalam berinteraksi yang rendah. Ketidaksamaan tingkat rasa percaya diri yang ada pada siswa, mengakibatkan tingkat hasil belajar IPS pada siswa yang berbeda pula. Perbedaan pencapaian hasil belajar tersebut di dapatkan dari data/ informasi dari hasil wawancara dengan guru kelasV MIN 4 Bandar Lampung, dokumentasi dan penyebaran angket yang dilakukan pada saat penelitian. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya rasa percaya diri siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas V MIN 4 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan rasa percaya diri siswa dengan hasil belajar IPS kelas V MIN 4 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 4 Bandar Lampung yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang dimana menjadikan seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian, yani sebanyak 36 siswa. Penelitian ini memiliki variabel bebas yaitu rasa percaya diri (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS (Y). Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai korelasi pearson sebesar 0.685 maka terdapat hubungan yang signifikan antara rasa percaya diri siswa dengan hasil belajar IPS kelas V MIN 4 Bandar Lampung, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diteima, dimana Ha sebagai hipotesis pertama diterima dan Ho sebagai hipotesis kedua ditolak dan hal ini menunjukkan hubungan rasa percaya diri siswa dengan hasil belajar IPS kelas V MIN 4 Bandar Lampung masuk kedalam derajat hubungan yang kuat. Kata Kunci : Rasa Percaya Diri Siswa, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 05:12
Last Modified: 03 May 2021 05:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item View Item