HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR

ISTIQOMAH, Margono (2021) HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB I-II DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (721kB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakang oleh sosial ekonomi setiap orang yang berbeda- beda dan bertingkat, ada yang latar belakang sosial ekonominnya sangat tinggi, tingi, menengah dan rendah. Siswa yang atar belakangnnya kurang beruntung, hidup ditengah lingkungan kemiskinan yang tidak terlalu mementingkan pendidikan karena ada kebutuhan lain yang lebih didahulukan. Sikap orang tua terhadap pendidikan anak serta permasalahan dalam keluarga sebagai akibat dari permasalahan ekonomi juga menghambat anak dalam menumbuhkan belajar sehingga hasil belajarannya akan menjadi rendah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang berarti antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Labuhan Ratu Lampung Timur. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasional, Sampel dalam penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Labuhan Ratu Lampung Timur. Penelitian ini bersifat field research dimana dalam proses pengumpulan datannya menggunakan metode kuesioner,dengan bentuk instrumennya yaitu checklist sebagai metode pokok yang di lengakapi dengan metode interview dan metode dokumentasi. Kemudian penulis menganalisis data dan melakukan uji hipotesis dengan menggunakan rumus product Moment dan menggunakan rumus Koefisien Determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua Variabel X dan Y. Sebagai hasil penelitian bahwa adanya korelasi positif dan sedang atau cukup antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar peserta didik, karena 0,571 (r hitung) ≥ 0,388 (r tabel) pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasinnya 32,6041%. Jadi dapat disimpilkan bahwa hubungan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap tinggi rendahnya hasil belajar sama dengan 32,6041%, sedangkan sisanya 64,3959% ditentukan oleh faktor lain, yaitu faktor dari dalam diri siswa, lingkungan sekolah atau lingkungan masyarakat dan lain-lain. Dapat penulis simpulkan bahwa hubungan kondisi sosial ekonomi orang tau berkorelasi terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 04:58
Last Modified: 03 May 2021 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item