Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender Analisis Pespektif Pendidikan Islam

WIDATUL, UMAMI (2021) Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender Analisis Pespektif Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender Analisis Pespektif Pendidikan Islam Oleh: Widatul Umami Penelitian ini di latar belakangi karena banyak dari kalangan orang tua yang tidak menyadari peranan penting mereka sebagai sekolah pertama atau lembaga pendidikan pertama bagi anak. Peran keluarga dalam proses pendidikaan merupakan suatu keniscayaan yang tidak dapat dielakkan, hal ini disebabkan peran penting keluarga sebagai lingkungan asal, dan sekaligus lingkungan pertama bagi manusia. ini menunjukkan eksistensi keluarga yang sangat penting dalam menunjaang ketercapaian tujuan pendidikan. Dalam pendidikan yang berwawasan gender, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan mengarahkan anak. Apabila dalam satu keluarga terjadi bias gender, maka akan berpengaruh pada pola pikir anak di masa yang mendatang. Gender dalam hal ini merupakan bentuk rekayasa atau konstruk sosial dalam masyarakat untuk membedakan laki-laki dan perempuan yang bukan bersifat kodrati. Islam merupakan agama yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan persamaan antara laki-laki dan perempuan. Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat untuk menghadapi berbagai masalah termasuk ketidak adilan gender dalam keluarga. Keluarga yang membentuk beberapa aspek sebagai awal kepribadian. Melalui pendidikan keluarga, anak mulai mengenal berbagai macam gejala, baik yang didengar, dilihat, maupun dirasakan. Melalui pendidikan keluarga pula watak, akhlak, budi pekerti, kemampuan kognitif, sikap dan berbagai aspek lain mulai terbentuk. oleh kaena itu pendidikan keluarga adalah landasan bagi pendidikan anak selanjutnya, baik pendidikan formal ataupun nonformal. Hal tersebut dipandang perlu untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya keadilan berpendidikan dalam sebuah keluarga. Berbuat adil dan bijaksana terhadap semua anak merupakan suatu hal yang seharusnya, adil adalah sikap proposinal yang tidak memprioritaskan yang satu dengan yang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research) dan penelitian ini digolongkan kedalam kualitatif deskripstif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan fungsi pendidikan keluarga yang berwawasan gender yang menggunakan analisis perspektif pendidikan Islam. Dan manfaat dari penelitian ini untuk memberikan bahan masukan kepada orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa mengenai keadilan orang tua terhadap anak dalam memberikan pendidikan, menjadi fondasi dasar penerapan kesetaraan gender. Demikian pula dalam bidang pendidikan. laki-laki dan perempuan memperoleh akses dan kesempatan belajar. setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama dalam sebuah keluarga. Maka keadilan dalam memberikan pendidikan kepada anak adalah suatu keharusan, selain itu juga akan tercipta kesetaraan hak dan kewajiban dalam keluarga sesuai dengan perannya tersebut secara adil dan bijaksana. Hadirnya penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengekplorasi peran penting keluarga dalam proses pendidikan, sehingga mendapatkan esensi mendasar dalam proses pendidikan keluarga. Sehingga dapat memberikan sudut pandang baru dalam mempresepsikan keluarga sebagai bagian penting dari proses memanusiakan manusia (humanisasi). Kata Kunci : Keluarga, Gender dan Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 04:49
Last Modified: 03 May 2021 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item