PENDIDKAN INKLUSIF MULTIKULTURAL DALAM DERADIKALISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Heri, Okta Pratama (2021) PENDIDKAN INKLUSIF MULTIKULTURAL DALAM DERADIKALISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI  Heri Okta Pratama.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah, dewasa ini warga masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Sedang dihadapkan dengan permasalahan global yang nyaris secara massif menyita perhatian dan energy publik. Permasalahan pelik tersebut tak lain adalah ancaman radikalisme atas nama agama, baik yang dilakukan oleh person (Individu) ataupun inter-person, kelompok-kelompok dan jaringan- jaringan yang berafiliasi dengan organisasi radikal tertentu, fenomena ini mengkhawatirkan publik terutama perihal maraknya tindak Radikalisme. Dengan adanya Pendidikan Inklusif Multikultural diharapkan mampu menjadi usaha Preventif tindak Radikalisme dan Intoleransi yang terjadi di Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara pengaplikasian pendidikan inklusif multikultural dalam deradikalisai pendidikan Islam di Indonesia, penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau library research. Berdasarkan hasil analisis data Pendidikan Inklusif Multikultural dapat digunakan sebagai alternative untuk membangun kesadaran hidup dalam keberagaman secara damai dalam konteks kebangsaan dan kemanusiaan, jika Pendidikan Inklusif Multikultural dilakukan dengan benar dan mengikuti langkah langkah yang sudah dijelaskan, maka Upaya untuk deradikalisasi pendidikan Islam di Indonesia itu akan tercapai karena dalam hal ini pendidikan Inklusif Multikultural berlandaskan Koeksistensi, keterbukaan, pengenalan, pemahaman, pengakuan, dan penghargaan. Kata Kunci : Inklusif, Multikultural, Deradikalisasi, Pendidikan Islam. iii ABSTRACT The background of this research is, nowadays citizens of the world community, especially Indonesia. Being faced with a global problem that almost massively seizes the public's attention and energy. This complicated problem is none other than the threat of radicalism in the name of religion, whether carried out by individual (individual) or inter-person, groups and networks affiliated with certain radical organizations, this phenomenon worries the public, especially regarding the rampant acts of radicalism. With the existence of Multicultural Inclusive Education it is hoped that it can become an effort to prevent radicalism and intolerance that occurs in Indonesia, this study aims to analyze the application of multicultural inclusive education in the deradicalization of Islamic education in Indonesia, this study uses library research or library research. Based on the results of data analysis, Multicultural Inclusive Education can be used as an alternative to build awareness of life in diversity peacefully in the context of nationality and humanity, if Multicultural Inclusive Education is carried out correctly and follows the steps that have been described, then the efforts to deradicalize Islamic education in Indonesia will be achieved because in this case Multicultural Inclusive education is based on coexistence, openness, recognition, understanding, recognition, and appreciation. Keywords: Inclusive, Multicultural, Deradicalization, Islamic Education.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 04:42
Last Modified: 03 May 2021 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item