NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN SHALAHUDDIN AL-AYYUBI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Harryansyah, Satra Utama (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPEMIMPINAN SHALAHUDDIN AL-AYYUBI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT  BAB 1.2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIX HARRYANSYAH SATRA UTAMA 1711010227.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu tokoh Islam yang dapat dijadikan sebagai tauladan di dalam pendidikan karakter adalah Shalahuddin Al-Ayyubi. Shalahuddin merupakan sosok pemimpin sepanjang masa, baik di Eropa maupun di belahan dunia lainnya khususnya Negara Islam. Karakter Shalahuddin dapat dijadikan sebagai panutan pendidikan karakter yang selama ini masih kurang mengena. Nilai-nilai karakter Shalahuddin dapat dipelajari dengan memahami dan menelaah perjalanan hidupnya. Sesuai latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu, apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi dan bagaimana relevansi nilai- nilai pendidikan karakter dengan pendidikan Islam. Sedangkan tujuannya adalah untuk menentukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi. Adapun hasil yang di telaah ini diharapkan bermanfaat secara a) teoritis; menambah wawasan nilai pendidikan karakter, b) praktis; meningkatkan kecintaan kepada tokoh Islam yaitu Shalahuddin Al- Ayyubi, memperbaiki pendidikan karakter lebih baik lagi sesuai dengan syari‟at Islam, dan meningkatkan efektifitas pendidikan terhadap kehidupan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pustaka. Jenis pendekatannya adalah deduktif dan metode analisisnya adalah analisis isi. Berdasarkan penelitian atau penelaaahan pustaka yang telah dilakukan, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi dapat disimpulkan dalam 8 nilai karakter, yaitu: ketakwaan dan ketekunan beribadah, keadilan, keberanian, kemurahan, perhatian terhadap jihad, santun, menjaga sumber-sumber muru‟ah, kesabaran dan kepasrahan, kesetiaan dan sifat rendah hati. Pendidikan karakter dalam kaitannya dengan pendidikan Islam mempunya relevansi yaitu nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi memiliki karakter mulia yang sesuai dengan tujuan pendidikan Islam.iii ABSTRACT One of the Islamic figures who can be used as role models in character education is Shalahuddin Al-Ayyubi. Saladin is a figure of an all-time leader, both in Europe and in other parts of the world, especially the Islamic State. Shalahuddin's character can be used as a role model for character education, which has so far been less striking. Saladin's character values can be learned by understanding and examining his life journey. According to this background, the problems that can be formulated are, what are the values of character education in Shalahuddin's leadership and how is the relevance of character education values to Islamic education. While the aim is to determine the values of character education contained in Shalahuddin's leadership. The results in this study are expected to be useful in a) theoretically; add insight into the value of character education, b) practical; increase love for Islamic leaders, namely Shalahuddin Al- Ayyubi, improve character education better in accordance with Islamic law, and increase the effectiveness of education in social life. The research method used is the library research method. The type of approach is deductive and the method of analysis is content analysis. Based on the research or literature review that has been carried out, the values of character education contained in the leadership book of Salahuddin Al-Ayyubi can be summed up in 8 character values, namely: piety and perseverance in worship, justice, courage, generosity, attention to jihad, courtesy, guarding. sources of muru'ah, patience and submission, loyalty and humility. Character education in relation to Islamic education has relevance, namely the values of character education in Shalahuddin's leadership have a noble character that is in accordance with the objectives of Islamic education. The values of character education contained in the leadership of Shalahuddin can be used as a guide for the perfection of Islamic education. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 04:19
Last Modified: 03 May 2021 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item