PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP/MTs

LULU, HASANAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LULU HASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan peserta didik yang menguasai beberapa materi dalam mata pelajaran matematika, tetapi peserta didik tidak hanya sekedar mengetahui atau mengingat beberapa konsep yang dipelajari, melainkan mampu juga mengaitkan pada pelajaran sebelumnya serta dapat mengungkapkan kembali dalam bentuk lain yang mudah dimengerti. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di MTs N 1 Bandar Lampung masih rendah terlihat dari proses peserta didik dalam menyelesaikan soal, hal ini disebabkan kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) menggunakan bahan ajar gamifikasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP/MTs. Penelitian dipindahkan dari sekolah MTs N 1 Bandar Lampung menjadi SMP Al-Huda Jati Agung dikarenakan pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMP Al-Huda Jati Agung, dengan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis variansi satu jalan. Hasil uji anova satu arah dengan menggunakan SPSS diperoleh hasil bahwa nilai sig. < 0,05 sehingga ditolak sehingga ada minimal 1 pasang model yang memberikan rataan hasil yang berbeda. Berdasarkan hasil komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) menggunakan bahan ajar gamifikasi sama baiknya dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap peningkatan pemahaman matematis peserta didik. (2) model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dengan model pembelajaran konvesional. (3) model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik dengan model pembelajaran konvesional. Kata Kunci: Model Numbered Heads Together (NHT), Bahan Ajar Gamifikasi, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 04:06
Last Modified: 03 May 2021 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14101

Actions (login required)

View Item View Item