PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN

SEVE, SINTA SARI (2021) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIKS SEVE SINTA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH NATAR LAMPUNG SELATAN Oleh: SEVE SINTA SARI Kemampuan metakognitif menekankan pada kemampuan merencanakan, memantau, dan mengevaluasi pemecahan masalah. Berdasarkan studi pendahuluan ini ditemukan bahwa kemampuan metakognitif siswa MA Al-Fatah Natar Lampung Selatan masih sangat rendah. Hal ini mungkin disebabkan oleh model pembelajaran yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan metakognitif Peserta didik di kelas XI. (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemandirian belajar peserta didik dikelas XI. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Fatah Natar Lampung Selatan tahun ajaran 2020/2021, menggunakan metode eksperimen semu yang menggunakan desain matching pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah 26 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan 26 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. model. .Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis variasi dua jalan sel tak sama. Uji prasyarat dilakukan sebelum melakukan pengujian hipotesis yaitu meliputi uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji barlett. Hal ini bisa dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh nilai Sig. 0,000 yang mana ,sehingga H0 ditolak maka variabel bebas (model inkuiri terbimbing) menunjukkan adanya pengaruh pada variabel terikat (kemampuan metakognitif dan kemandirian belajar). Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Metakognitif dan Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 03:56
Last Modified: 03 May 2021 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item