Nofita, Yana (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami penyesuaian diri rendah, yakni bagaimana penerapan layanan bimbingan sosial dapat meningkatkan penyesuaian diri peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Peserta didik yang paham penyesuaian diri yang rendah yakni kurang berinteraksi dengan teman sebaya, tidak berani memulai pembicaraan, selalu pasif, dan sering terlihat jarang tersenyum atau bergurau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan sosial dalam meningkatkan penyesuaian diri peserta didik kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal (single case study) dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini satu peserta didik dengan populasi tiga puluh dua peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui layanan bimbingan sosial dalam meningkatkan penyesuian diri peserta didik membuat adanya peserta didik sudah mulai bergabung dengan teman kelasnya, membuka diri dan menunjukkan diri yang lebih positif lagi terhadap kegiatan sosial dalam dilingkungan sekolahnya. Jadi disimpulkan bahwa layanan bimbingan sosial dapat meningkatkan penyesuaian diri peserta didik kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Kata kunci:Bimbingan Sosial dan Penyesuaian Diri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 May 2021 03:48 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:48 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14097 |
Actions (login required)
View Item |