PENERAPAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN PENDEKATAN NEURO LINGUISTIK PROGRAMMING DALAM PEMBINAAN AKHLAK TERPUJI PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KARANG ANYAR

ANNISA, WAHYUNI (2021) PENERAPAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN PENDEKATAN NEURO LINGUISTIK PROGRAMMING DALAM PEMBINAAN AKHLAK TERPUJI PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KARANG ANYAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of ANNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of ANNISA.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Bimbingan Klasikal Dengan Pendekatan NeuroLinguistik Programming Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri 3 Karang Anyar Tahun Ajaran 2019/2020 Oleh Annisa Wahyuni Pendidikan merupakan proses perubahan yang dilakukan secara sadar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan dapat menciptakan perubahan pada peserta didik dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, akhlakul karimah dan kemudahan dalam bermasyarakat. Namun, yang terjadi dalam kenyataannya berbanding terbalik dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri. Banyak siswa yang masih belum memiliki perilaku yang baik. oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian di bidang akhlak yang bertujuan agar akhlak terpuji pada peserta didik pada anak kelas 5 b di SD Negeri 3 Karang Anyar yang terindikasi memiliki akhlak tercela atau perilaku tidak terpuji dapat dibina untuk menciptakan perilaku terpuji didalam dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan dalam dua siklus. Data awal yang didapatkan, berasal dari wali kelas 5b SD Negeri 3 Karang Anyar yang dilakukan dengan wawancara serta melihat buku catatan kasus. Sedangkan data sekunder teori-teori yang ada bersumber dari kepustakaan, dan dokumentasi dilapangan.di SD Negeri 3 Karang Anyar belum terdapat guru Bimbingan dan Konseling, sehingga peneliti berkolaborasi dengan wali kelas dalam melakukan, merancang dan melaksanakan penelitian. Dalam pelaksanaannya, tentunya peneliti mengalami hambatan, namun hal itu dapat teratasi sehingga proses penelitian dapat berjalan dengan lancar. Hasil menunjukkan adanya perubahan akhlak pada peserta didik. Perubahan akhlak dapat dilihat dari buku catatan kasus dan hasil wawancara guru kelas 5B SD Negeri 3 Karang Anyar dari 10 orang peserta didik menjadi 6 orang peserta didik yang memiliki akhlak tercela. Pada siklus ke II terdapat perubahan akhlak menjadi 3 orang peserta didik yang memiliki akhlak tercela. Hal ini membuktikan bahwa bimbingan klasikal dengan pendekatan neurolinguistik programming dapat digunakan dalam pembinaan akhlak terpuji peserta didik di kelas 5B SD Negeri 3 Karang Anyar Tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci : Bimbingan Klasikal, Neurolinguistik Programming, Akhlak Terpuji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 03:51
Last Modified: 03 May 2021 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item