PERSEPSI GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI NON TES DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG

DIANA, PARAMITHA (2021) PERSEPSI GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI NON TES DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PERSEPSI GURU FIQIH DALAM PELAKSANAAN EVALUASI NON TES DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG Oleh: DIANA PARAMITHA NPM 1611010252 Evaluasi merupakan hal yang penting di setiap akhir pembelajaran guna mengetahui hasil dari setiap proses pembelajaran. Evaluasi non tes masih sangat terbatas digunakan oleh guru di setiap pelaksaanan evaluasi pembelajaran dikarenakan fasilitas yang kurang memadai dan membutuhkan waktu yang lama. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi guru fiqih mengenai pelaksanaan evaluasi non tes yang saat ini jarang sekali diterapkan dalam pembelajaran. Jenis metode penelitian ini adalah kualitatif lapangan dengan sifat penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, guru fiqih memiliki persepsi sangat baik terhadap pelaksanaan evaluasi non tes, karena evaluasi non tes sangat baik sekali jika pelaksanaan evaluasi non tes diterapkan di setiap pembelajaran. Terutama untuk pembelajaran fiqih pelaksanaan evaluasi non tes sangat menunjang sekali guna memperlengkap hasil penilaian peserta didik yang tidak hanya diambil dari aspek kognitif saja tetapi juga dari aspek afektif dan psikomotor. Dalam setiap evaluasi yang dilakukan guru memang terdapat kendala, seperti membagi waktu untuk melakukan evaluasi. Namun, guru selalu berusaha untuk membagi waktu dengan baik agar evaluasi dapat dilaksanakan. Pada mata pelajaran fiqih juga lebih banyak menitikberatkan kepada praktek daripada teori. Faktor yang mendukung dalam pelaksanaan evaluasi non tes adalah sarana dan prasarana, media pembelajaran dan lokasi yang memadai. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan evaluasi non tes adalah waktu dan peserta didik. Kata Kunci : Persepsi, Evaluasi Non Tes, Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 03:09
Last Modified: 03 May 2021 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14091

Actions (login required)

View Item View Item