KONSELING INDIVIDU DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Rico, Dia Putra (2021) KONSELING INDIVIDU DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK KORBAN PELECEHAN SEKSUAL DI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP RICO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Tulang Bawang Barat merupakan suatu lembaga yang bertugas untuk memberikan perlindungan terhadap anak yang mendapatkan tindakan kekerasan atau pelecehan seksual, di Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Tulang Bawang Barat terdapat kasus anak korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh ayah tirinya. Akibat dari pelecehan tersebut, korban mengalami gangguan psikologis yang membuat korban kehilangan rasa percaya diri, cemas yang berlebihan, dan depresi. Atas dasar latar belakang masalah tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Lembaga Perlindungan Anak Tulang Bawang Barat dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan tentang proses penerapan layanan konseling individu dalam menumbuhkan rasa kepercayaan diri anak korban pelecehan seksual di Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Tulang Bawang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer yang diperoleh adalah dari konselor 1, konselor 2, dan informan, mengenai pelaksanaan layanan konseling, sedangkan data sekunder diperoleh dari teori-teori serta data penunjang lainnya seperti kepustakaan dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa layanan konseling individu yang digunakan oleh konselor atau petugas Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Tulang Bawang Barat dalam penerapannya menggunakan metode pendekatan Behavior dengan teknik disentisasi sistematik dengan tiga tahapan, tahapan yang pertama adalah introduksi, tahapan kedua aksi, dan tahapan ketiga terminasi. Disetiap tahapan adapun asas-asas yang digunakan dalam pelayanan konseling individu yaitu: asas kerahasiaan, asas kesukarelaan, asas keterbukaan, asas kegiatan, asas kemandirian, asas kenormatifan, asas kekinian, asas keahlian, dan asas kedinamisan. Untuk hasil dari layanan konseling individu yang telah diberikan oleh konselor atau Petugas Lembaga Perlindungan Anak kepada anak korban pelecehan seksual yang mengalami penurunan rasa percaya diri. Setelah diberikannya layanan tersebut, korban atau konseli mampu mengatasi perasaan cemas, mengatasi rasa depresi dan stres, serta mampu membangun kepercayaan diri. Kata kunci : Kepercayaan diri, Konseling individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2021 02:58
Last Modified: 03 May 2021 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item