MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI GERAK BERIRAMA DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Marleni, Khairuman (2021) MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI GERAK BERIRAMA DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1.2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP MARLENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah mengembangakan kecerdasan kinestetik anak usia dini melaui gerak berirama pada kegiatan senam ceria dengan cara membungkukkan badan dengan sambil memutarkan badan, keseimbangan tubuh dengan mengangkat 1 kaki dan menggerakan tangan kanan dan kiri di TK Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini kualitatif deskriptif dengan mengamati perkembangan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui gerak berirama, bagaimana guru mengembangkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui gerak berirama di taman kanak-kanak negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Data analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi, display dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan kinestetik anak belum berkembang secara maksimal dikarnakan dari 3 indikator keceradasan kinestetik melalui gerak berirama ada 4 orang anak sudah berkembang sangat baik dalam melakukan gerakan membungkukkan badan dengan sambil memutar badan, menahan keseimbangan tubuh dengan berjinjit dan mengangkat 1 kaki dan menggerakan tangan kanan dan tangan kiri. Untuk gerakan menahan keseimbangan tubuh dengan berjinjit mengangkat 1 kaki ada 4 orang anak belum mampu melakukannya secara baik dikarnakan kebanyakan anak merasa letih dan kesusahan ketika melakukan gerakan senam irama sehingga beberapa anak tidak mampu menyelesaikan senam irama sampai dengan selesai. Kata Kunci :Perkembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Gerak Berirama iiABSTRACT This study aims to see how to develop early childhood chemical intelligence through rhythmic movements in cheerful gymnastics activities by bending over while rotating the body, balancing the body by lifting 1 foot and moving the right and left hands at TK Negeri 2 Bandar Lampung. This research is qualitative. descriptive by observing the development of early childhood kinesthetic intelligence through rhythmic motion, how teachers develop early childhood kınesthetic intelligence through rhythmic movements in Kindergarten 2 Bandar Lampung. This study uses interview data collection techniques, observation and documentation. This study used a qualitative descriptive study with the research subjects being teachers and students. Analysis data qualitatively using reduction, display and draw conclusions. The results showed that the child's kinesthetic intelligence had not developed maximally because of the 3 indicators of chemical intelligence through rhythmic motion, there were 4 children who had developed very well in bending over while rotating their bodies, holding their body balance by tiptoeing and lifting 1 leg and moving their hands. right and left hand. For the movement to hold the balance of the body by tiptoeing to lift 1 leg, 4 children have not been able to do it well because most children feel tired and have difficulty when doing rhythmic gymnastics movements so that some children are unable to finish the rhythmic gymnastics until it's finished. Keywords :Development of Kinesthetic Intelligence through Rhythmic Motion

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:45
Last Modified: 30 Apr 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item