PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT DATANGKE SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TRI, MARDIONO (2021) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT DATANGKE SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1,BAB2, DAPUSTRI MARDIONO.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TRI MARDIONO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku terlambat datang ke sekolah adalah bentuk tindakan negatif dengan melanggar peraturan tata tertib sekolah dengan datang kesekolah melebihi waktu yang telah ditetapkan, masalah ini terjadi di SMP Wiyatama Bandar Lampung pada peserta didik kelas VIII penyebabnya yaitu; bangun kesiangan, kesulitan kendaraan, dan membantu orang tua. Dalam hal ini, layanan konseling yang diterapakan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk membantu peserta didik dalam mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah adalah layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah di SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini berjumlah 6 peserta didik kelas VIII yang memiliki perilaku terlambat datang ke sekolah dalam kategori berat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah pada peserta didik di SMP Wiyatama Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik dan terjadi pengurangan perilaku terlambat datang ke sekolah pada peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:31
Last Modified: 30 Apr 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14073

Actions (login required)

View Item View Item