TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PRAKTIK PENGUPAHAN ANAK BUAH KAPAL (ABK) TANPA KETENTUAN (Studi pada Dermaga II Desa Wayjelai Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus)

RISKA, ANGGRAINI (2021) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PRAKTIK PENGUPAHAN ANAK BUAH KAPAL (ABK) TANPA KETENTUAN (Studi pada Dermaga II Desa Wayjelai Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL RISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan praktik pengupahan yang dilakukan pemilik dengan anak buah kapal (ABK) pada Dermaga II Desa Wayjelai Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus, pada praktiknya tidak ada ketentuan mengenai nominal upah, lamanya waktu bekerja, serta hak dan kewajiban pekerja. Praktik pengupahan seperti ini sudah menjadi kebiasaan di Desa Wayjelai. Pada kasus ini pengupahan dilakukan oleh dua pihak dimana pihak pertama sebagai pemberi upah/pemilik kapal (mu’ajir) dan pihak kedua penerima upah/anak buah kapal (musta’jir). Dalam hal ini mu’ajir menawarkan pekerjaan kepada musta’jir untuk bekerja dikapal milik mu’ajir, namun sejak menjalin kerjasama pengupahan mu’ajir tidak ada ketentuan nominal upah yang harus diberikan. Upah yang diterima ABK pun tidak menentu setiap kerjanya dan tidak jarang terjadi penundaan pembayaran upah. Tentunya hal ini dapat merugikan salah satu pihak yaitu musta’jir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pengupahan ABK dan bagaimana hukum ekonomi Syariah tentang praktik pengupahan ABK pada Dermaga II Desa Wayjelai Kecamatan Kotaagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tinjauan hukum ekonomi Syariah tentang praktik pengupahan ABK tanpa ketentuan pada Dermaga II Desa Wayjelai Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data penelitian ini diperoleh dari Desa Wayjelai yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan diperkaya dengan data kespustakaannya mempelajari, memahami buku-buku, jurnal serta tulisan cendikiawan yang berkaitan dengan objek penelitian, menggunakan metode kualitatif, setelah data terkumpul maka peneliti melakukan analisis kualitatif, dengan menggunakan metode cara berfikir deduktif, sampel yang diambil sebanyak 7 orang yang terdari dari pemilik kapal, dan 6 orang anak buah kapal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa dalam praktik pengupahannya tidak ada ketentuan mengenai nominal upah yang harus diterima anak buah kapal, dan terkadang terjadi penundaan pembayaran. Pemberian upah sesuai dengan kehendak pemilik kapal/juragan. berdasarkan hukum ekonomi Syariah, hal ini tidak dibenarkan, sebab dalam praktik pengupahan yang terjadi di Dermaga II Desa Wayjelai Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus, tidak terpenuhinya rukun dan syarat ujrah yaitu harus menetapkan atau harus ada kesepakatan jumlah upah yang harus dibayarkan pemilik kepada anak buah kapal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:30
Last Modified: 30 Apr 2021 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item