PENGARUH MODEL ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA AL – FATAH NATAR

SHAFIRA, ANGGITA PUTRI (2021) PENGARUH MODEL ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA AL – FATAH NATAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI SHAFIRA ANGGITA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA AL – FATAH NATAR Oleh Shafira Anggita Putri Keterampilan generik sains merupakan keterampilan yang melakukan pekerjaan atau tugas dan didukung oleh pengetahuan. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa keterampilan generik sains di MA Al – Fatah Natar masih tergolong rendah. Hal tersebut bisa disebabkan oleh model pembelajaran yang tidak sesuai, kemandirian belajar peserta didik, dan yang lainnya. Peneliti bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap keterampilan generik sains peserta didik, (2) Pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap keterampilan generik sains, (3) Interaksi antara model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) ditinjau dari kemandirian belajar terhadap keterampilan generik sains peserta didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian quasy experimental design dengan rancangan posttest only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas atau random sampling, kelas eksperimen di kelas XI Mipa 1 dan kelas kontrol di kelas Mipa 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan generik sains, dan angket kemandirian belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan uji hipotesis maka dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Berdasarkan kajian teori dan hasil analisis data disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap keterampilan generik sains peserta didik, (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap keterampilan generik sains, (3) terdapat interaksi antara model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) ditinjau dari kemandirian belajar terhadap keterampilan generik sains peserta didik. Kata Kunci : ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction), Keterampilan Generik Sains, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:10
Last Modified: 30 Apr 2021 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14069

Actions (login required)

View Item View Item