MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING DI PAUD SABILLYROSYAD DESA TOTOHARJO KECAMATAN BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN

Dian, Nur Islamiyati (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING DI PAUD SABILLYROSYAD DESA TOTOHARJO KECAMATAN BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER.BAB 1, BAB 2 DAPUS Dian Nur Islamiyati.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Dian Nur Islamiyati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan kognitif anak didalam mengenal dan mengingat yang dimiliki anak masih rendah.Hal ini disebabkan karena kurangnya metode pembelajaran yang kurang tepat untuk anak, monoton, dan kurang kreatif. Terkadang membuat anak sangat jenuh tidak bersemangat dan sangat bosan, sehingga, pembelajaran yang disampaikan oleh guru belum sepenuhnya berdampak dalam kemampuan kognitif anak sehingga anak kurang tertarik untuk memperhatikan apa yang sudah dijelaskan oleh guru, khususnya pada kognitif anak yaitu mengenal angka pada anak usia dini Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dilaksanakan dalam rangkaian 3 siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 15 anak.Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% dari 15 anak memiliki keberhasilan dalam menggunakan metode whole brain teaching dengan kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian diperoleh kemampuan kognitif mengalami peningkatan, kemudian pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang (Berkembang Sangat Baik) BSB adalah 0%, (Berkembang Sesuai Harapan) BSH adalah 0%, (Mulai Berkembang) MB adalah 53%, (Belum Berkembang) BB adalah 66%. Pada siklus II menunjukkan bahwa peserta didik yang (Berkembang Sangat Baik) BSB adalah 0%, (Berkembang Sesuai Harapan) BSH adalah 26%, (Mulai Berkembang) MB adalah 73%, (Belum Berkembang) BB adalah 0%. Dan pada siklus III menunjukkan bahwa peserta iiididik yang (Berkembang Sangat Baik) BSB adalah 80%, (Berkembang Sesuai Harapan) BSH adalah 13%, (Mulai Berkembang) MB adalah 6%.Dengan demikian, metode whole brain teaching dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kata Kunci : Kemampuan Kognitif , Metode Whole Brain Teaching

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:02
Last Modified: 30 Apr 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14065

Actions (login required)

View Item View Item