KONSEP PONDOK PESANTREN MODEREN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP RELIGIUS SANTRI MILENIAL DI PONDOK PESANTREN AN-NAHL SUSUNAN BARU BANDAR LAMPUNG

Refika, Oktaria (2021) KONSEP PONDOK PESANTREN MODEREN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP RELIGIUS SANTRI MILENIAL DI PONDOK PESANTREN AN-NAHL SUSUNAN BARU BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Refika Oktaria.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KONSEP PONDOK PESANTREN MODEREN DALAM MENUMBUHKANSIKAP RELIGIUS SANTRI MILENIAL DI PONDOK PESANTREN AN-NAHL SUSUNAN BARU BANDAR LAMPUNG ABSTRAK OLEH REFIKA OKTARIA Pesantren merupakan sistem pendidikan yang tertua saat ini dan dianggap sebagai produk budaya Indonesia yang indigenous. Mulai muncul masyarakat Islam di Nusantara pada abad ke-13, seiring dengan itu mulailah ada Lembaga pendidikan Agama Islam seperti pesantren. Setelah beberapa abad berlalu, pendidikan tersebut semakin teratur bersamaan dengan tumbuhnya pengajian di berbagai tempat. Bentuk ini kemudian berkembang dengan pendirian tempat-tempat menginap para pelajar (santri), yang kemudian disebut pesantren. Pesantren merupakan suatu sistem pendidikan unik sekaligus khas yang ada di Indonesia dimana mayoritas penduduknya beragama Islam. Dikatakan khas karena pendidikan model pesantren hanya berkembang pesat di Indonesia dan pendidikan seperti ini tidaklah mudah didapatkan di Negara lain. Pesantren, bagian dari realitas masyarakat dan bangsa, dituntut tidak hanya sekedar mengurusi masalah internal kepesantrenan, pendidikan dan pengajaran kepada santrinya, tetapi dituntut pula memasuki wilayah sosial kemasyarakatan. Ini terbukti dengan keterlibatan pesantren secara praktis dalam kehidupan masyarakat. Sejatinya, pesantren dengan berbagai elemen pendidikannya adalah lembaga yang mampu mengembangkan pendidikan karakter secara lebih maksimal. Hal ini tercermin dari penanaman nilai teoritis yang didapatinya dari kajian-kajiannya ke dalam bentuk praktek-praktek kesehariannya. Mereka dapat mentransfer nilai-nilai teoritis yang didapatinya dari kajiankajian kitab ke dalam bentuk paktek secara simultan. Kebiasaan itu dapat membentuk karakter secara alamiah tanpa terasa. Keberhasilan pesantren dalam membentuk karakter mengun-dang banyak lembaga lainya untuk meniru desain pesantren. Buktinya, banyak lembaga-lembaga yang meniru formulasi pesantren dengan mendirikan pendidikan berasrama. Mereka meyakini bahwa konsep pendidikan berasrama seperti pesantren benar-benar mampu membentuk karakter anak didiknya. Karena karakter yang tertanam dalam diri santri sebagai buah aplikasi nilai teori bukan sekadar keterampilan atau kemampuan instingnya, tetapi kemampuan untuk mempertahankan nilai-nilai kesantriannya berdasarkan ontologis pesantren berdasarkan al-Qur’an dan Hadis, sehingga ketika santri berkiprah di masyarakat mempunyai keteguhan untuk mempertahankan nilai-nilai religiusnya. Religius atau bersifat agamis didefinisikan sebagai perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain. Karakter religius ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengahadapi perubahan zaman dan degradasi moral. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan juga bertanggung jawab dalam mempersiapkan santri milenial dalam menghadapi tuntutan zaman. Namun hal yang terpenting iyalah bagaimamana lembaga pesanteren membina santrinya untuk menumbuhkan sikap religius yang ditanamkan kepada santri, karena dengan model keagamaan yang kental akan memperkokoh pondasi moral santri dimasa depan, santri akan sulit untuk dipengaruhi hal-hal yang tidak baik. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini iyalah bagaimakah konsep pesantren moderen dalam menumbuhkan sikap religius santri milenial. Metode yang diugunakan dalam penelitian ini iyalah kualitatif dengan jenis penelitian library research, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep pendidikan pesantren dalam menumbuhkan sikap religius santri generasi milenial. Agar kemudian dapat dijadikan acuan serta bahan evaluasi pendidikan pesantren dalam menumbuhkan sikap religius santri di era milenial. Kata Kunci : pondok pesantren, sikap religius, santri milenial iTHE CONCEPT OF A MODERN ISLAMIC BOARDING SCHOOL IN FOSTERING THE RELIGIOUS ATTITUDE OF MILLENNIAL STUDENT IN BOARDING SCHOOL AN-NAHL SUSUNAN BARU BANDAR LAMPUNG ABSTRACT By REFIKA OKTARIA Pesantren is the oldest education system today and is considered a product of indigenous Indonesian culture. Islamic society began to emerge in the archipelago in the 13th century, along with it began to have Islamic religious education institutions such as Islamic boarding schools. After several centuries passed, this education became more regular along with the growth of the Koran in various places. This form later developed with the establishment of places to stay for students (santri), which were later called pesantren. Pesantren is a unique and unique education system in Indonesia where the majority of the population is Muslim. It is said to be unique because the pesantren model of education is only growing rapidly in Indonesia and education like this is not easy to find in other countries. Pesantren, part of the reality of society and the nation, are required not only to take care of internal problems of the pesantren, education and teaching to its students, but also to enter the social sphere of society. This is evidenced by the practical involvement of pesantren in community life. In fact, pesantren with various educational elements is an institution that is able to develop character education to its full potential. This is reflected in the planting of theoretical values that he gets from his studies into the form of his daily practices. They can transfer the theoretical values that they get from the study of books into the form of practice simultaneously. Habits that can form character naturally without being felt. The success of pesantren in shaping character has invited many other institutions to imitate pesantren designs. The proof is that many institutions have copied the formulation of pesantren by establishing boarding education. They believe that the concept of boarding education such as pesantren is truly capable of shaping the character of their students. Because the character that is embedded in students as a result of application of theoretical values is not just a skill or instinctual ability, but the ability to maintain their religious values based on the ontology of Islamic boarding schools based on the Koran and Hadith, so that when students take part in society they have the determination to maintain values. - its religious value. Religious or religious in nature is defined as obedient behavior in carrying out the teachings of the religion being followed, tolerant of the implementation of the worship of other religions. This religious character is very much needed by society to face the changing times and moral degradation. Islamic boarding schools as educational institutions are also responsible for preparing millennial santri to face the demands of the times. But the most important thing is how the pesanteren institutions guide their students to foster a religious attitude that is instilled in the students, because with a thick religious model it will strengthen the moral foundations of the santri in the future, students will find it difficult to be influenced by things that are not good. The formulation of the problem in this thesis is what is the concept of modern pesantren in fostering the religious attitude of millennial santri. The method used in this research is qualitative with the type of research library research, this research is intended to determine the concept of Islamic boarding school education in fostering the religious attitudes of millennial generation santri. So that later it can be used as a reference and evaluation material for pesantren education in fostering religious attitudes of students in the millennial era. Keywords: Islamic boarding schools, religious attitudes, millennial santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:55
Last Modified: 30 Apr 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item View Item