PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI OPERASI BILANGAN TINGKAT SMP/MTS

TRI, ANGGORO (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI OPERASI BILANGAN TINGKAT SMP/MTS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT 1.2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI OPERASI BILANGAN TINGKAT SMP/MTS Oleh Tri Anggoro Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul matematika, kelayakan dan kemenarikan modul, dan untuk mengetahui keefektifan hasil pengembangan modul matematika berbasis inkuiri terbimbing pada materi operasi bilangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research & Development (R & D) dengan menggunakan prosedur model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi dan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi modul untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan, dan keefektifan produk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu, deskriptif kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator (ahli materi dan ahli media), respon peserta didik dan guru, serta uji keefektifan, sedangkan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar saran perbaikan dari validator serta deskripsi uji keterlaksanaan penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa tes dan non tes. Adapun tes yang digunakan berupa berupa pretest dan posttest dengan uji N-gain. Berdasarkan hasil pengembangan dengan metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg & Gall dihasilkan produk berupa modul berbasis inkuiri terbimbing tingkat SMP/MTs. Kelayakan modul berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media diperoleh hasil 75 % dengan kriteria “layak””. Adapun respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, dan uji coba terhadap guru mata pelajaran diperoleh hasil 76.6 % dengan kriteria “menarik”. Modul matematika berbasis inkuiri terbimbing pada materi operasi bilangan tingkat SMP/MTs cukup efektif digunakan karena diperoleh hasil 64.01 deangan kategori quite effective. Artinya produk modul yang dihasilkan adalah layak, menarik, dan cukup efektif sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah khususnya tingkat SMP/MTs sederajat. Kata Kunci: Research & Development, Modul, Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:36
Last Modified: 29 Apr 2021 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item View Item