PEMIKIRAN POLITIK HUKUM IBNU TAIMIYAH DALAM KITAB AS-SIYĀSAH ASY-SYAR‘IYYAH FI IṢLĀḤ AR-RĀ‘I WA AR-RĀ‘IYYAH DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBENTUKAN UNDANG-UNDANG PERKAWINAN DI INDONESIA

A. Muslimin, H. A. Umar Haris (2021) PEMIKIRAN POLITIK HUKUM IBNU TAIMIYAH DALAM KITAB AS-SIYĀSAH ASY-SYAR‘IYYAH FI IṢLĀḤ AR-RĀ‘I WA AR-RĀ‘IYYAH DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBENTUKAN UNDANG-UNDANG PERKAWINAN DI INDONESIA. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Politik hukum adalah kebijakan yang diambil pemerintah untuk mewujudkan tujuan negara. siyāsah syar‘iyyah adalah kebijakan pemerinah dalam mengatur berdasarkan hukum Islam dengan tujuan kemaslahatan. Politik hukum disebut dengan as-Siyāsah asy- Syar‘iyyah merupakan aplikasi dari al-Maṣlaḥah al-Mursalah, yaitu mengatur kesejahteraan dengan hukum yang tidak termuat dalam syara’. Negara adalah alat untuk mencapai tujuan. karenanya mekanisme operasional pemerintahan harus mengacu pada prinsip syari’ah. Secara yuridis-konstitusional negara Indonesia bukan negara agama dan bukan negara sekuler, Indonesia adalah negara kebangsaan yang beragama. Indonesia mayoritas Muslim namun politik hukum Islam telah mengalami pasang surut, sehingga diperlukan pendekatan strategis- politis dengan jalur infrastruktur politik maupun suprastruktur politik dengan dukungan kekuatan sosial budaya. Transformasi hukum Islam dalam bentuk perundang-undangan merupakan produk interaksi antar elite politik Islam, ulama, ormas dan cendekiawan muslim dengan elite politik kekuasaan negara. Rumusan masalah disertasi ini adalah: Bagaimanakah Pemikiran Politik Hukum Ibnu Taimiyah dalam Kitab as-Siyāsah asy-Syar‘iyyah fi ar-Rā‘i wa ar-Rā‘iyyah? Iṣlāḥ Bagaimanakah relevansi Dan Pemikiran Politik Hukum Ibnu Taimiyah dengan Pembentukan Undang-undang perkawinan di Indonesia? Jenis penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan sejarah dan titik relevansi. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah Kitab as-Siyāsah asy-Syar‘iyyah fi Iṣlāḥ ar-Rā‘i wa ar-Rā‘iyyah. Data sekunder adalah tulisan tentang politik Pemikiran Politik Hukum Ibnu Taimiyah iiiIbnu Taimiyah dan sejarah Undang-undang perkawinan di Indonesia dan tulisan terkait lainnya. Analisis data dilakukan secara induktif, Analisis data juga dilakukan ecara komparatif untuk menemukan titik relevansi antara politik Ibnu Taimiyah dengan pembentukan Undang-undang Perkawinan di Indonesia. Hukum Islam dan politik adalah dua sisi yang sama. Hukum Islam tanpa dukungan politik sulit digali dan diterapkan, sebaliknya akan Islam politik hukum mengabaikan mengakibatkan yang kekacauan. Taimiyah mengatakan kepala negara adalah Ibnu bayangan Allah di bumi atau wakil Tuhan di bumi, agama tidak dapat hidup tanpa adanya negara. Negara harus ada sebagai sarana untuk merealisasikan kewajiban agama. Kesejahteraan umat manusia tidak dapat diwujudkan secara sempurna kecuali dengan hidup bernegara, negara untuk menjalankan kewajiban agama dan sebagai sarana untuk mensejahterakan. Menegakkan pemerintahan adalah perintah agama. Pembentukan Undang-undang Perkawinan di Indonesia diawali dengan proses perancangan sampai pada pelaksanaan yang melibatkan seluruh struktur kekuasaan negara dan struktur kekuasaan politik, bahkan organisasi sosial kemasyarakatan dan semua unsur yang ada dimasyarakat terlibat dengan tujuan yang untuk meriah kesejahteraan dan menghindari yaitu sama kesengsaraan hal tersebut relevan dengan apa yang dibahas oleh Ibnu Taimiyah dalam kitabnya as-Siyāsah asy-Syar‘iyyah fi Iṣlāḥ ar- Rā‘i wa ar-Rā‘iyyah. iv Pemikiran Politik Hukum Ibnu TaimiyahABSTRACT Political law is a policy taken by the government to achieve the goals of the State. siyāsah syar‘iyyah is a government policy in regulating it based on Islamic law with the aim of benefiting. Political law called as-Siyāsah asy-Syar‘iyyah is an application of al- Maṣlaḥah al-Mursalah, namely regulating welfare with laws that are not contained in syara’. The state is a means to an end. Therefore the operational mechanism of government must refer to the principles of syari’ah. In juridical-constitutional terms, the State of Indonesia is not a religious state and is not a secular state, Indonesia is a religious nation-state. Indonesia is predominantly Muslim but the politics of Islamic law have experienced ups and downs, so that a sustainable strategic-political approach is needed with political infrastructure and the political superstructure supported by socio-cultural forces. The transformation of Islamic law in the form of legislation is a product of the interaction between Islamic political elites, clerics, mass organization leaders, religious officials and Muslim scholars with the power elite, namely politicians and state officials. The formulation of the problem in this dissertation is: How is Ibn Taimiyah's Legal Political Thought in the Book as-Siyāsah asy- Syar‘iyyah fi Iṣlāḥ ar-Rā‘i wa ar-Rā‘iyyah? And how is the relevance of Ibn Taimiyah's legal political thought with the formation of the marriage law in Indonesia? This type of research is qualitative research. This research is a qualitative descriptive study that uses a historical approach. Data collection for this study was carried out by using documentation techniques. The primary data in this study is Kitab as-Siyāsah asy- Syar‘iyyah fi Iṣlāḥ ar-Rā‘i wa ar-Rā‘iyyah. Secondary data of this Pemikiran Politik Hukum Ibnu Taimiyah vresearch are writings on Ibn Taimiyah's politics and the history of marriage law in Indonesia that have been previously researched and other related writings. Data analysis was performed inductively in conjunction with the process of collecting and obtaining research data. Data analysis was also carried out in a comparative manner to find the point of relevance between Ibn Taimiyah's politics and the formation of the Marriage Law in Indonesia. Islamic law and politics are two sides of the same thing. Islamic law without political support is difficult to extract and apply, on the other hand, politics that ignore Islamic law will result in chaos. Ibn Taimiyah said that the Head of State is the shadow of Allah on earth or the representative of God on earth, religion cannot exist without the State. The state must exist as a means of realizing religious obligations. The welfare of mankind cannot be realized perfectly except by living as a state, the State to carry out religious obligations and as a means for prosperity. Enforcing government is a religious command. The formation of the Marriage Law in Indonesia begins with a design process to implementation which involves all the state power structures and political power structures, even social social organizations and all elements in society are involved with the same goal, namely to celebrate prosperity and avoid misery, this is relevant with what was discussed by Ibn Taimiyah in his book as- Siyāsah asy-Syar‘iyyah fi Iṣlāḥ ar-Rā‘i wa ar-Rā‘iyyah. Keywords : Political law, Ibn Taimiyah, the Marriage Law vi Pemikiran Politik Hukum Ibnu Taimiyahةشصخخي تةٛيٕكك تةعاٛع ْٙ تٛعششنا تعاٛغنا .تنٔذنا فاذْأ قٛقحخن تيٕكحنا آعبخح تعاٛع ْٕ ٙعاٛغنا ٌَٕاقنا تٛ عشةشنا تةعاٛغناب ًٗغًنا ٙعاٛغنا ٌَٕاقنا .آُي ةدافخعلاا فذٓب تٛيلاعلإا تعٚششنا طاعأ ٗهع آًٛظُح ٙف .تةٚا قةٛقحخن تهٛةعٔ تةنٔذنا ..شةشنا ٙةف ةدسأ شةٛ ٍَٛإةقب ِاةفشنا ىٛةظُح ٘أ ، تهعشًنا تحهصًهن قٛبطح ْٕ تةنٔد ٌنةف ، تٚسٕخعذنا - تََٕٛاقنا تٛكاُنا ٍي .تعٚششنا ئدابي ٗنإ تيٕكحهن تٚزٛفُخنا تٛنٜا شٛشح ٌأ بدٚ كنزن .تُٛٚد تٛيٕق تنٔد اٛغَٛٔذَإٔ ، تَٛاًهع تنٔد جغٛنٔ تُٛٚد تنٔد جغٛن اٛغَٛٔذَإ حةةَٓ ٗةةنإ تةةخاك اةةُْ ازةةن ، ثاةةبهقح ثذٓة تٛيلاةةعلإا تعٚشةةشنا ثاةةعاٛع ٍةةكن ، تًهةةغي تةةٛبه أ ثار اٛةغَٛٔذَإ تةٛعاًخخلاا ٖٕةقنا آًعذةح ٙةخنا تٛةعاٛغنا تٛقٕفنا تُٛبنأ تٛعاٛغنا تٛخحخنا تُٛبنا عي واذخغي ٙعاٛع ٙدٛحاشخعا لاةخسٔ تٛيلاعلإا تٛعاٛغنا بخُنا ٍٛب معافح جاخَ ْٕ عٚششح مك ٙف تٛيلاعلإا تعٚششنا لٕحح ٌإ .تٛفاقثنأ ٘أ ، تةةً احنا تةةبخُنا عةةي ًٍٛهةةغًنا ااةةًهعٔ ٍُٛٛٚذةةنا ٍٛنٔنةةغًنأ تةةٚشْٛاًدنا ثاةةًٛظُخنا ثاٛةةصخ ٔ ٍٚذةةنا ٍةبلا ََٕٙاةقنا ٙةعاٛغنا شةكفنا ٕةْ اةي هٙةْ تناةعشنا ِزةْ ٙةف تهكةشًنا ت اٛص ٌإ .تنٔذنا ٙنٔنغئ ٍٛٛعاٛغنا ٍةبلا ََٕٙاةقنا ٙةعاٛغنا شةكفنا تةقلاع اةئ ؟ تةٛعاشنأ ٙ ةعا شنا ذلاةصإ ٙةف تٛ عشةشنا تةعاٛغنا اةخ ٙف تًٛٛح ؟اٛغَٛٔذَإ ٙف جأضنا ٌَٕاق مٛكشخب تًٛٛح عةًخ ىةح .تةٛخٚساح تبساقي وذخخغح تٛعَٕ تٛفصٔ تعاسد ْٕ ثحبنا ازْ .ٙعَٕ ثحب ْٕ ثحبنا ٍي .ُٕنا ازْ تٛ عشةشنا تةعاٛغنا اةخ ٙةْ ثةحبنا ازةْ ٙةف تةٛنٔلا ثاةَاٛبنا .قةٛثٕخنا ثاُٛقح واذخخعاب تعاسذنا ِزٓن ثاَاٛبنا ٌَٕاةق نٚساةحٔ تةًٛٛح ٍةبا ثاةعاٛع ٍع ثاباخ ْٙ ثحبنا ازٓن تَٕٚاثنا ثاَاٛبنا .تٛعاشنأ ٙعاشنا ذلاصإ ٙف مكةشب ثاةَاٛبنا مةٛهحح ااشةخإ ىةح .تهةص ثار ٖشةرأ ثاةباخ ٔ اًقباع آُع ثحبنا ىح ٙخنأ اٛغَٛٔذَإ ٙف جأضنا تةقٚشطب اةًطٚأ ثاةَاٛبنا مةٛهحح ااشةخإ ىةح .اةٓٛهع لٕصحنأ تٛثحبنا ثاَاٛبنا عًخ تٛهًع عي ٍياضخناب ٙئاشقخعا .اٛغَٛٔذَإ ٙف جأضنا ٌَٕاق مٛكشحٔ تًٛٛح ٍبا تعاٛع ٍٛب تهصنا تطقَ ٗهع سٕثعهن تَساقي ٌٔذةب تٛيلاةعلإا تع ٚشةشنا قةٛبطحٔ لاخخةعا بعصنا ٍي .ذكأ اٙشن ٌآخٔ تعاٛغنأ تٛيلاعلإا تعٚششنا لاةق .ٗة ٕفنا ٗةنإ ٘دنخةع تٛيلاةعلإا تعٚشةشنا مةْادخح ٙةخنا تةعاٛغنا ٌنةف ، ٖشرأ تٛكاَ ٍئ ، ٙعاٛع ىعد ٌٔذةب ذةخٕٚ ٌأ ٍٚذةهن ٍكًٚ لأ ، ضسلا ٙف للها مثًي ٔأ ضسلا ٗهع للها مظ ْٕ تنٔذنا طأس ٌإ تًٛٛح ٍبا مةيا مكةشب تٚشةشبنا تةْٛافس قةٛقحح ٍةكًٚ لا .تُٛٚذنا ثاياضخنلاا قٛقحخن تهٛعٕ تنٔذنا ذخٕح ٌأ بدٚ .تنٔذنا .ُٙٚد شيأ ْٕ تيٕكحنا ضشف .ساْدصلان تهٛعٕ ٔ تُٛٚذنا ثابخإناب تنٔذنا وٕقحٔ ، تنٔذ شٛعناب لاإ تطهةغنا مة اْٛٔ تةنٔذنا تطهع م اْٛ عًٛخ مًشح زٛفُخهن ىًٛصح تٛهًعب اٛغَٛٔذَإ ٙف جأضنا ٌَٕاق مٛكشح أذبٚ ٘أ ، فذةٓنا ظةفَ ٙةف ساةشح عةًخدًنا شةصاُع عةًٛخٔ تةٛعاًخخلاا تةٛعاًخخلاا ثاةًظًُنا ٗةخكٔ ، تٛعاٛغنا ذلاةصإ ٙةف تٛ عشةشنا تةعاٛغنا ّةباخ ٙةف تةًٛٛح ٍةبا ِشة ر اةًب .ىٓي ازْٔ ، طنبنا بُدحٔ ساْدصلااب لافخكلاا .تٛعاشنأ ٙعاشنا جأضنا ٌَٕاق ,تًٛٛح ٍبا ,تٛعششنا تعاٛغنا : تاولكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 06:08
Last Modified: 29 Apr 2021 06:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14051

Actions (login required)

View Item View Item