IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION RELEVANCE CONVIDIENCE SATISFACTION (ARCS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS YPP GUPPI PISANG BARU WAY KANAN

RINI, HANIPAH (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION RELEVANCE CONVIDIENCE SATISFACTION (ARCS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS YPP GUPPI PISANG BARU WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsika pelaksanaan penelitian mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dikelas VII MTs YPP Guppi Pisang Baru Way Kanan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Penelitian dengan menerapkan model pembelajaran attention relevance convidience satisfaction dengan materi toleransi dan istiqomah.oleh karena itu penelitian ini ditetapkan. Untuk mengetahui perencanaan, pelksanaan dan evaluasi penerapan model pembelajaran ARCS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs YPP Guppi Pisang Baru Way Kanan siswa kelas VII MTs YPP Guppi Pisang Baru Way Kanan. Penelitian ini menggunakan Teknik penelitian observasi, wawancara, dokumentasi beserta angket atau kuesioner data primer diperoleh langsung dari hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti kepada guru pengampu mata peajaran al-qur’an hadist di sekolah MTs YPP Guppi Pisang BariWay Kanan, data sekundernya itu sendiri diperoleh dari dokuen yang berupa kurikulum, daftar nilai siswa dan RPP dan peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data metode angket berstruktur berisi pertanyaan yang disertai pilihan jawaban. Hasil penelitian yang telah dilaku penerapan model pembelajaran pembelajaran attention, relevance, confidence, dan satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas VII MTs YPP Guppi Pisang Baru Way Kanan, hal ini dapat dilihat pada siklus I yaitu 67,33 % dari peserta didik termotivasi kemudian meningkat di siklus II menjadi 83,45% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengam menggunakan model pembelajaran pembelajaran attention, relevance, confidence, dan satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik maupun hasil belajar pseta didik. pembelajaran attention, relevance, confidence, dan satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik maupun hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 05:40
Last Modified: 29 Apr 2021 05:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item