PENGEMBANGAN VIDEO BLOG (VLOG) CHANNEL YOUTUBE MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI

ABDES, PUSPITA KENCANA (2021) PENGEMBANGAN VIDEO BLOG (VLOG) CHANNEL YOUTUBE MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau lebih dikenal dalam istilah bahasa inggris yaitu information communication and technology (ICT) sudah sangat pesat pada saat ini, bahkan sudah menjadi kebutuhan penduduk Indonesia mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua sudah menggunakan internet dan smartphone, termasuk di kalangan para peserta didik yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video blog (vlog) Channel YouTube materi bangun ruang (kubus dan balok). Untuk mengetahui pendapat para ahli terhadap video blog (vlog) Channel YouTube menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) sebagai media alternatif pembelajaran online dan untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik dari dua Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development ) dari Borg and Gall. Kelayakan produk dilakukandengan melakukan validasi pada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa video blog (vlog) Chanel Youtube menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari 3 validator yaitu, validator ahli media memperoleh penilaian 91,25%, validator ahli materi memperoleh penilaian 86,87% dan penilaian ahli bahasa memperoleh penilaian 88,39%. Respon pendidik pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 82,50% dan respon pendidik pada uji coba kelompok besar memperoleh nilai 95%. Peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai persentase 97,25% dan uji coba lapangan memperoleh 88,75%, berarti bahwa media pembelajaran layak untuk digunakan. Kata Kunci :Realistic Mathematics Education, YouTube, Video Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 05:19
Last Modified: 29 Apr 2021 05:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14042

Actions (login required)

View Item View Item