PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X

MERIANA, Amrin Bastari (2021) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MERIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HOTS PADA MATERI BIOLOGI KELAS X Oleh Meriana 1611060228 Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan STEM berbasis peta konsep terhadap HOTS pada materi biologi kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Pada sampel penelitian ini digunakan peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan Pretest dan Posttest yang mana telah diuji dengan Validitas, Reliabilitas, Tingkat kesukaran dan juga Daya Pembeda. Setelah itu test dikumpulkan kemudian akan di analisis dengan menggunakan analisis statistik menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan juga Uji t Independent. Adapun hasil yang didapatkan pada Uji t Independent terhadap HOTS peserta didik yaitu menunjukkan = 0,600 > = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pada ditolak dan diterima. Sehingga pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan STEM berbasis peta konsep terhadap HOTS pada materi biologi kelas X. Kata Kunci : Pendekatan STEM (Science Technoplogy Engineering and Mathematics), Peta Konsep, HOTS ( Higher Order Thinking Skill).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 05:10
Last Modified: 29 Apr 2021 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item