IMPLEMENTASI MEDIA MAZE ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK MUTIARA KASIH TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA

Rukiyah, Abdul Kodir (2021) IMPLEMENTASI MEDIA MAZE ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK MUTIARA KASIH TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat 1.2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Rukiyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari permasalahan masih adanya perkembangan kognitif anak yang belum optimal, dikarnakan salah satu proses pembelajaran lebih di arahkan ke pola penugasan yang mana seharusnya pada usia ini anak lebih banyak kegiatan bermain. Dalam tujuan untuk mengembangkan kognitif anak usia 4-5 Tahun pada tahapan pra-oprasional, dengan indikator perkembangan kognitif anak mampu mengklasifikasikan, mampu menggunakan simbol, dan dapat memahami angka, salah satu alat permainan yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak adalah media maze angka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan media maze angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Mutiara Kasih?” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penggunaan media maze angka untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Kasih Tanjung Raja Lanpung Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah anak-anak yang berjumlah 21 orang anak dan guru TK Mutiara Kasih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumtasi, data dianalisis dengan reduksi data, display data dan manarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat penulis simpulkan bahwa guru dalam implementasi media maze angka untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK Mutiara Kasih Tanjung Raja Lampung Utara adalah sebagai berikut: (i) guru memilih tema yang ingin dicapai (ii) guru menyiapkan media sebelum kegiatan dimulai (iii) guru menjelaskan cara penggunaan media maze angka (iv) guru memberikan kesempatan kepada anak untuk tanya jawab (v) guru mengarahkan dan membimbing anak (vi) guru mengajak anak melakukan evaluasi dan diskusi untuk mengulas kembali kegiatan yang telah dilakukan. Dapat dilihat dari perkembangan anak yaitu iiterdapat 3 orang anak yang Mulai Berkembang, terdapat 9 orang anak Berkembang Sesuai Harapan, serta terdapat 9 orang anak Berkembang Sangat Baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak berdasarkan dengan indicator dan langkah-langkah tersebut kemampuan kognitif sudah berkembambang sangat baik. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif dan Media Maze Angka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:35
Last Modified: 29 Apr 2021 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item View Item