IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BUDAYA SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI MASYARIQUL ANWAR 7 BANDAR LAMPUNG

DIAJENG, RAVIVA FEBRIANTI DWI PUTRI (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BUDAYA SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI MASYARIQUL ANWAR 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL (Diajeng Raviva Febriianti Dwi Putri).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan pada dasarnya adalah sebuah proses transformasi pengetahuan menuju ke arah perbaikan, penguatan, dan penyempurnaan semua potensi manusia demi terciptanya insan kamil, yang memiliki kecerdasan intelektual, moral, dan spiritual. Pendidikan karakter di MI Masyariqul Anwar 7 Bandar Lampung sebenarnya sudah diterapkan dengan baik namun sejauh ini beberapa permasalahan belum terlihat baik seperti, penerapan 5s, pelaksanaan shalat duha dan shalat dzuhur, mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik, kesadaran diri untuk sholat, kesadaran piket kelas dan piket halaman, kemampuan memuliakan teman sebaya, berkata yang sopan kepada pendidik maupun teman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitiannya yaitu kepala madrasah, pendidik dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket sebagai data pendukung. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah di MI Masyariqul Anwar 7 Bandar Lampung meliputi tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat. Perencanaan dilakukan dengan cara memasukkan pendidikan karakter ke dalam kurikulum dan tata tertib sekolah. Pelaksanaan implementasi pendidikan karakter terimplementasi dalam kegiatan pembelajaran serta pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar yang temasuk diantaranya adalah pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, pengkondisian. Faktor pendukung yaitu dukungan kerja sama yang baik, sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta dukungan orang tua peserta didik, sedangkan faktor penghambatnya yaitu, kurang pahamnya orang tua akan pendidikan karakter, faktor teman sebaya, serta kurangnya kesadaran peserta didik. Kata kunci: Implementasi pendidikan karakter, budaya sekolah iiiABSTRACT Education is basically a process of transforming knowledge towards the improvement, strengthening, and refinement all human potential for the creation of human beings, who have intellectual, moral, and intellectual intelligence spiritual. Character education at MI Masyariqul Anwar 7 Bandar Lampung actually it has been implemented well but so far some problems does not look good, such as the application of the 5S, the implementation of duha prayers and dzuhur prayers, do the tasks given by the educator, self-awareness for prayer, class picket awareness and yard picket, the ability to glorify peers, say politely to educators and friends. This research is a qualitative descriptive study consisting of stages data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research subject, namely madrasah principals, educators and students. Data is collected through techniques interviews, observation, documentation, and questionnaires as supporting data. Validity the data were obtained through the process of triangulation of techniques. The result showed that the implementation of deep character education the school culture at MI Masyariqul Anwar 7 Bandar Lampung includes three aspects namely planning, implementation, supporting and inhibiting factors. Planning done by incorporation character education into the curriculum and governance orderly school. The implementation of character education is implemented in learning activities and the development of school culture and activity centers learning which includes routine habituation, spontaneous habituation, exemplary habituation, conditioning. Supporting factors, namely work support the same good, adequate facilities and infrastructure, as well as parental support students, while the inhibiting factor is the lack of understanding of parents about character education, peer factors, and the lack of awareness of the participants students. Keywords: implementation of character education, school culture

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:26
Last Modified: 29 Apr 2021 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14036

Actions (login required)

View Item View Item