PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELLING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

REVA, FEBRIAN PUTRA (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELLING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS  REVA FEBRIAN PUTRA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI REVA FEBRIAN PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami motivasi belajar rendah yang terjadi di kelas VIII SMP Wiyatama Bandar Lampung, sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan tekniksymbolicmodelling. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode pre-ekperimental desing dengan metode one grouf pretest dan post testkemudian dianalisis dengan uji wilcokson. Subyek penelitian sebanyak 6 peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar.Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modelling. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 dengan hasil sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perubahan layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modellingatau dengan kata lain teknik symbolic modellingberpengaruh dalam motivasi belajar peserta didik SMP Wiyatama Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:14
Last Modified: 29 Apr 2021 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14035

Actions (login required)

View Item View Item