Efektivitas Komunikasi Da’I Dalam Membangun Kesadaran Sholat Berjama’ah Masjid Al-Abror Desa Way Hui Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

MUSTOFAINAL, AKHYAR (2021) Efektivitas Komunikasi Da’I Dalam Membangun Kesadaran Sholat Berjama’ah Masjid Al-Abror Desa Way Hui Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1 , BAB 2 , DAPUS MUSTOFAINAL AKYAR.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MUSTOFAINAL AKYAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Shalat jama’ah mempunyai nilai yang lebih utama, dibandingkan dengan shalat perorangan karena sholat berjama’ah ditambah dua puluh tujuh derajat pahalanya. Karena selain pahala yang berlipat ganda, shalat berjamaah juga akan menumbuhkan rasa kebersamaan yang kuat, dan bisa memberi pengaruh terhadap seseorang agar memberi motivasi untuk melakukan suatu kegiatan yang ada dilingkungan mereka. Efektivitas metode komunikasi seorang da’i untuk menunjukkan sampai seberapa jauh tercapainya suatu tujuan dalam membangun kesadaran sholat berjama’ah di masjid al-abror sudah berhasil. Metode komunikasi suatu penilaian terhadap pengukuran kekuatan hubungan yang dilakukan dalam antara dua pihak untuk melakukan suatu komunikasi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana efektifitas komunikasi yang disampaikan oleh dai sebagai upaya membangun kesadaran sholat berjamaah warga masyarakat di lingkungan sekitar Masjid Al Abror Desa Way Hui Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan? Bagaimana efektivitas metode komunikasi yang digunakan oleh dai dalam upaya membangun kesadaran sholat berjamaah warga masyarakat di lingkungan sekitar Masjid Al Abror Desa Way Hui Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini meggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode penelitian secaranon random sampling atau non probability yang artinya tehnik pengambilan sample yang tidak semua individu dalam populasi diberi peluang yang sama untuk dipilih menjadi sample. Hasil dari penelitian ini Efektivitas Komunikasi Shalat Berjama’ah di Masjid Alabror Desa Way hui Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, merupakan ibadah yang dianjurkan untuk melaksanakan secara berjama’ah dimasjid khususnya laki-laki, setiap shalat lima waktu masyarakat rutin melaksanakan shalat berjama’ah di masjid. Efektivitas Metode komunikasi yang dilakukan oleh dai dalam upaya untuk membangun kesadaran salat berjamaah ada 5 Metode ini di pandang relevan dengan kondisi mad’u yang bersifat heterogen dari segi tingkat kemampuan memahami materi dakwah, Metode redundan atau repetisi. Metode Kanalisasi, Metode Informasi, Metode persuasif, Metode Edukatif. Faktor pendukung shalat berjama’ah di Masjid Al-abror masyarakatnya sangat mendukung program-program yang dilakukan takmir masjid, Programprogram tersebut dilakukan dalam bentuk kegiatan seperti; pengajian anak-anak, majlis ta’lim, forum kajian malam Jum’at.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:38
Last Modified: 29 Apr 2021 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

View Item View Item