PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG PEMBERIAN UANG TIP ATAS JASA PELAYANAN OLEH KONSUMEN (Studi di Hotel Kurnia Perdana Bandar Lampung)

EVI, YULIANI (2021) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG PEMBERIAN UANG TIP ATAS JASA PELAYANAN OLEH KONSUMEN (Studi di Hotel Kurnia Perdana Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  FULL EVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI   BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan masyarakat manusia selalu membutuhkan pertolongan orang lain dalam berbagai hal baik secara sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia melakukan transaksi antara individu yang lain dengan memanfaatkan harta yang dimiliki. Salah satu transaksi yang sering terjadi adalah pemberian hadiah. Praktik pemberian hadiah di hotel Kurnia Perdana biasa dalam bentuk uang dan disebut dengan uang tip, uang tip biasa diberikan oleh tamu kepada karyawan dengan kisaran Rp. 15.000- Rp. 30.000. pemberiam uang tip ini sudah dianggap biasa dan telah menjadi kebiasaan banyak orang untuk memberikan uang tip kepada pelayan dan karyawan atas kepuasan pelayanan dan jasa yang telah diberikan. uang tip ini diberikan oleh tamu dengan berbagai cara, biasanya dengan cara memanggil pelayan yang telah melayani, ataupun meninggalkan uang tip ditempat sebelum ditinggalkan. Pemberian uang tip dengan cara meninggalkan ditempat biasanya sering terjadi ketidaksesuaian, karena uang tersebut biasanya diambil atau diterima bukan oleh orang yang melayani tamu tersebut tapi uang tip tersebut diambil oleh karyawan lain yang merapihkan tempat tersebut. Pemberian uang tip ini juga dirasa kurang adil karena tidak semua karyawan bisa mendapatkan uang tip dari tamu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pemberian uang tip pada karyawan di hotel Kurnia Perdana Bandar Lampung dan bagaimana perspektif hukum Islam terhadap pemberian uang tip atas jasa pelayanan oleh konsumen di hotel Kurnia Perdana Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik pemberian uang tip pada karyawan di hotel Kurnia Perdana Bandar Lampung dan untuk mengetahui Perspektif Hukum Islam Terhadap Pemberian Uang Tip atas Jasa Pelayanan oleh Konsumen di Hotel Kurnia Perdana Bandar Lampung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan penelitian yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari keterangan langsung dari pihak yang bersangkutan dalam bentuk pengamatan,,wawancara, dan dokumentasi sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber kepustakaan berupa buku-buku sebagai literatur penunjang penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: pelaksanaan pemberian uang tip kepada karyawan dianggap biasa bahwa telah menjadi kebiasaan untuk sebagian orang, pemberian uang tip ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan langsung kepada kariyawan, menitipkan kekasir, dan meletakkan uang tersebut diatas meja dan meninggalkannya. Sedangkan menurut perspektif hukum Islam terkait tentang Pemberian Uang Tip Atas Jasa Pelayanan Oleh Konsumen di Hotel Kurnia Perdana Bandar Lampung adalah diperbolehkan dalam Hukum Islam karena tidak ada larangan secara langsung ataupun tertulis tang melarang karyawan menerima uang tip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Apr 2021 02:55
Last Modified: 29 Apr 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14025

Actions (login required)

View Item View Item