PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT DATANG KE SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

MIRA, IMELDA (2021) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT DATANG KE SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT 1.2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIRA IMELDA OTW CETAK FIXX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku terlambat adalah datang tidak tepat pada waktunya. Perilaku terlambat datang ke sekolah pada peserta didik di SMA Negeri 8 Bandar Lampung tergolong kasus yang tiap hari terjadi dan semakin hari bertambah banyak peserta didik yang melakukan perilaku datang terlambat ke sekolah seperti sering tiba di sekolah setelah jam pelajaran dimulai, memakai waktu istirahat melebihi waktu yang ditentukan, sengaja melambat-lambatkan diri masuk kelas meskipun tahu pelajaran sudah dimulai. Terdapat 5 peserta didik yang tergolong sering sekali melakukan perilaku datang terlambat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan konseling kelompok yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku terlambat peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus untuk menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas. Data dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Adapun teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu: Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Verification (Kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 8 Bandar Lampung dilakukan beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Konseling kelompok yang dilaksanakan guru bimbingan dan konseling dapat mengurangi perilaku terlambat peserta didik. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Guru Bimbingan dan Konseling, Perilaku Terlambat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Apr 2021 05:13
Last Modified: 28 Apr 2021 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item View Item