IMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TUNAS DHARMA LAMPUNG SELATAN

REGA, AYUB LIANSYAH (2021) IMPLEMENTASI KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TUNAS DHARMA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL REGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi sosial adalah kemampuan atau keahlian khusus yang mutlak dimiliki oleh guru dalam bidang keguruan dengan keahlian khusus tersebut mampu melakukan tugas dan fungsinya secara optimal. Kompetensi sosial guru PAI yaitu 1) bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi. 2) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat. 3) beradaptasi di tempat bertugas diseluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya. 4) berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain. Berdasarkan prasurvei dengan data awal yang penulis laksanakan dengan wawancara dan observasi terhadap kepala sekolah, guru pendidikan agama islam maupun sesama guru bidang study di SMP Swasta Thunas Dharma Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan yang didapatkan dari guru Pendidikan Agama Islam penulis menemukan dan mengamati terdapat beberapa guru yang datang terlambat, kaku ketika mengajar, bahasa yang disampaikan kurang di pahami murid, dan jarang berinteraksi sesama pendidik. Metode yang digunakan pada penelitian ini pendekatan kualitatif yaitu mengumpulkan dan menganalisis data bersifat naratif. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Thunas Dharma Lampung Selatan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan melakukan observasi dan wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, sesama guru bidang study, dan siswa di SMP Tunas Dharma Way Galih. Adapun hasil pada penelitian ini yang dapat diketahui adalah Kompetensi sosial guru PAI di SMP Tunas Dharma Way Galih dilihat dari berkomunikasi secara lisan, berkomunikasi secara efektif dengan orang tua/wali peserta didik, berkomunikasi secara efektif dengan masyarakat sekitar, berada dalam kategori baik, namun masih kurang dalam berkomunikasi secara tulisan dan dalam menggunakan teknologi komunikasi masih sangat kurang, oleh karena itu diharapkan kepada para guru agar menambah pengetahuannya tentang IPTEK agar dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kompetensi sosial guru PAI diantaranya; Mengikuti seminar pendidikan di dalam maupun luar sekolah, pendekatan pada siswa, mengenal beberapa kepribadian guru, kunjungan ke rumah siswa, guru dan keluarga besar SMP Tunas Dharma Way Galih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:44
Last Modified: 28 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item