IMPLEMENTASI ASAS TERTIB KEPENTINGAN UMUM DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA BERDASARKAN UNDANG�UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Pekon Tegal Binangun Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus)

Tiyas, Febriyanti (2021) IMPLEMENTASI ASAS TERTIB KEPENTINGAN UMUM DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA BERDASARKAN UNDANG�UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Pekon Tegal Binangun Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP TIYAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Desa diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur Desa. Apabila pembangunan infrastruktur Desa dalam pelaksanaannya sesuai dengan asas tertib kepentingan umum pada saat dijalankannya, maka akan terwujud pula pembangunan nasional yang baik, karena Desa merupakan bagian terbawah dari unsur pembangunan nasional. Berdasarkan latar belakang yang telah penulis jelaskan maka penulis memiliki rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi asas tertib kepentingan umum dalam pembangunan infrastruktur desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pada Pekon Tegal Binangun Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus? 2) Bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap upaya pelaksanaan asas tertib kepentingan umum dalam pembangunan infrastruktur Desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa? Adapun penulis dalam melakukan penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi asas tertib kepentingan umum dalam pembangunan infrastruktur Desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa pada Pekon Tegal Binangun Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menguraikan pandangan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan asas tertib kepentingan umum dalam pembangunan infrastruktur Desa pada Pekon Tegal Binangun Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif dengan deskriptif analisis dengan menggunakan pengolahan data wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif (menggambarkan) yaitu penelitian yang menuturkan dan menguraikan data yang telah ada. Data yang telah diperoleh diuji dengan metode pengujian data triangulasi. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan yaitu, 1) Penerapan asas kepentingan umum sudah sesuai namun belum maksimal dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan infrastruktur Desa. berdasarkan upaya penerapan asas tertib kepentingan umum harus mencakup aspirasi, akomodatif dan selektif dalam pembangunan desa. 2) Berdasarkan pandangan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan asas tertib kepentingan umum haruslah merujuk kepada kemaslahatan umum serta mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan khusus. Melaksanakan kemaslahatan umat dengan cara melaksanakan asas tertib kepentingan umum di mana sebelum menentukan pembangunan haruslah mengutamakan konsep syura atau musyawarah, keadilan, dan tidak bertentangan dengan penetapan aturan dalam melaksanakan pembangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:39
Last Modified: 28 Apr 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item View Item