IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MENGIKUTI E-LEARNING PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Fera, Agista (2021) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR MENGIKUTI E-LEARNING PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI REVISI F.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “Implementasi Layanan Konseling Individu Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Mengikuti E-Learning Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Bandar Lampung”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan konseling individu dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mengikuti e-learning peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik, untuk mengetahui strategi guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mengikuti e-learning dan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bersifat deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Terdapat 10 peserta didik yang melanggar kedisiplinan belajar mengikuti e- learning dengan pelanggaran yang dilakukan yaitu tidak membuka materi pada e- learning, tidak mengisi absensi pada e-learning, tidak mengerjakan tugas pada e- learning. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Proses pelaksaan layanan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK di SMA Negeri 1 Bandar Lampung sudah berjalan dengan baik dan hampir sesuai dengan teori, namun masih ditemukan beberapa kekurangan yang tidak signifikan. 2) strategi yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mengikuti e-learning bervariasi dengan mengupayakan kerja sama yang baik dengan stakeholder. 3) Hasil dari pelaksanaan layanan konseling individu yaitu peserta didik mampu mencari solusi untuk permasalahan yang sedang dialami, dan peserta didik memiliki keinginan merubah prilakunya yang lebih baik. Kata Kunci: Konseling Individu, Kedisiplinan Belajar, E-Learning iiABSTRACT The author takes the title "Implementation of Individual Counseling Services in Improving Learning Discipline Following E-Learning of Students at SMA Negeri 1 Bandar Lampung". This study aims to describe the implementation of individual counseling services in improving learning discipline following e-learning of students at SMA Negeri 1 Bandar Lampung. To find out how the implementation of individual counseling services carried out by counseling teachers in improving student discipline, to find out guidance and counseling teachers' strategies in improving learning discipline following e-learning and to find out the results of the implementation of individual counseling carried out by counseling teachers in improving student discipline. This research is descriptive in nature and belongs to the type of qualitative research using data collection techniques in the form of interviews, documentation and observation. There were 10 students who violated the discipline of learning to follow e- learning with the violations committed, namely not opening material on e-learning, not filling in attendance on e-learning, not doing assignments on e-learning. The results of this study indicate that 1) The process of implementing individual counseling services carried out by BK teachers at SMA Negeri 1 Bandar Lampung has been running well and is almost in accordance with the theory, but there are still some insignificant deficiencies. 2) the strategies used by counseling teachers in improving learning discipline following e-learning vary by seeking good cooperation with stakeholders. 3) The result of the implementation of individual counseling services is that students are able to find solutions to problems that are being experienced, and students have a desire to change their behavior for the better. Keywords: Individual Counseling, Discipline Learning, E-Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:09
Last Modified: 28 Apr 2021 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14013

Actions (login required)

View Item View Item